Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyuburkan Tanaman Pakai Micin

Kompas.com - 05/09/2022, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Micin atau vetsin atau monosodium glutamat (MSG) adalah salah satu penyedap makanan yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Dengan menambahkan micin, maka cita rasa masakan tersebut akan semakin kuat.

Selain sebagai penyedap rasa, Anda juga bisa menggunakan micin untuk menyuburkan tanaman.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (5/9/2022), berikut penjelasan mengenai manfaat micin untuk tanaman dan cara menggunakannya.

Baca juga: Micin Bisa Jadi Pupuk untuk Tanaman Padi, Begini Cara Menggunakannya

Ilustrasi menyemprotkan pupuk cair pada tanaman bunga. SHUTTERSTOCK/SAVANEVICH VIKTAR Ilustrasi menyemprotkan pupuk cair pada tanaman bunga.

Mengapa micin bisa menyuburkan tanaman?

Agar dapat tumbuh dengan subur, tanaman membutuhkan berbagai macam unsur hara, mulai dari unsur hara makro seperti N, P ,K Mg, dan S, serta unsur hara mikro seperti Ca, B, Fe,Zn, Cl, Cu, Molybdenum, dan sebagainya.

Salah satu unsur hara makro yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tanaman adalah unsur Kalium (K). Kalium bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhaap peyakit, mengatur pembukaan dan penutupan stomata, serta meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan tanaman secara langsung.

Menurut penelitian, unsur Natrium memiliki fungsi sebagai alternatif Kalium bagi tanaman. Dengan demikian, fungsi natrium hampir sama dengan Kalium.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Perangsang Akar dari Air Rendaman Tauge

Adapun kandungan utama micin adalah Natrium benzoat. Oleh karena itu, dengan memberikan micin pada tanaman, maka tanaman akan menjadi subur.

Tanaman apa yang bisa diberikan micin?

Hampir semua jenis tanaman akan memiliki respon yang baik terhadap pemberian micin, yakni ditandai dengan menghijaunya daun tanaman. Namun, meskipun micin bisa sangat bermanfaat bagi tanaman, tetapi takaran micin yang sedikit tersebut membuatnya sangat ideal hanya untuk tanaman seperti sayuran, cabai, tomat, terong, bunga, dan tanaman hias.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com