Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mananam Sayuran di Lahan Sempit

Kompas.com - 12/09/2022, 16:28 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lahan sempit bukan lagi menjadi kendala dalam budi daya tanaman. Pasalnya, saat ini sudah banyak cara menanam sayuran di lahan sempit.

Menanam sayur di lahan sempit cukup mudah dan sederhana. Menurut penjelasan di buku Petik Sayuran di Lahan Sempit, setidaknya ada empat teknik budidaya sayur di lahan sempit. Berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Sayuran Hijau yang Cepat Panen, Hanya dalam 15 Hari

1. Menanam sayuran di polybag atau pot

Cara menanam sayuran di lahan sempit yang pertama yaitu menanam di polybag atau pot. Teknik bertanam ini murah, mudah, dan sederhana.

Ilustrasi menanam sayuran di polybag. SHUTTERSTOCK/MARTINA SAPPE Ilustrasi menanam sayuran di polybag.

Berbagai jenis sayuran bisa ditanam dengan cara ini. Polybag atau pot yang digunakan untuk menanam bisa diletakan di depan rumah, di belakang rumah, di lantai dua, atau di teras rumah.

Selain bisa diletakan di atas tanah langsung, polybag tanam juga bisa disusun secara bertingkat dalam rak. Syarat utama yang harus dipenuhi yaitu tempat tersebut terkena sinat matahari langsung agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Baca juga: 9 Sayuran dan Bumbu Dapur yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

2. Vertikultur

Selain menanam di polybag atau pot, cara menanam sayuran di lahan sempit juga bisa dengan sistem vertikultur. Tak berbeda jauh dengan penanaman di polybag, tujuan penanaman dengan sistem vertikultur juga berguna untuk meningkatkan produksi sayuran di lahan yang terbatas.

Vartikultur merupakan teknik penanaman secara vertikal. Penanaman dengan cara ini bisa dilakukan di halaman rumah. Selain berguna untuk budi daya, teknik bertanam vertikultur juga bisa membuat pemandangan di halaman rumah lebih menarik dan asri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com