Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Membuat Pupuk dari Cangkang Telur

Kompas.com - 04/12/2022, 14:26 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur merupakan sumber protein hewani yang bermanfaat untuk tubuh. Selain memberikan manfaat bagi manusia, telur juga ternyata bisa menjadi sumber nutrisi bagi tanaman.

Bagian telur yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman yaitu cangkang. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (4/12/2022), cangkang telur ternyata mengandung fosfor, magnesium, kalium, kalsium karbonat, natrium, dan mangan yang dapat menyuburkan tanaman.

Oleh karena itu, cangkang telur sering dijadikan sebagai bahan pembuatan pupuk organik. Adapun tata cara membuat pupuk dari cangkang telur, seperti berikut.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Jerami Padi dan Cangkang Telur

Persiapan alat dan bahan

Ilustrasi cangkang telur. PEXELS/KLAUS NIELSEN Ilustrasi cangkang telur.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat pupuk dari cangkang telur yaitu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut daftarnya:

  • Blender atau alat penumbuk
  • Baskom atau ember
  • Botol atau jerigen
  • Air bersih
  • Cangkang telur

Pembuatan pupuk dari cangkang telur

Kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan yaitu memilah cangkang telur yang akan digunakan. Setelah itu, rendam cangkang telur semalaman.

Baca juga: Manfaat Air Cangkang Telur untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Berikutnya, bilas cangkang telur sembari dibersihkan. Kemudian, keringkan cangkang telur dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Cangkang telur yang sudah kering kemudian dihancurkan sampai berbentuk seperti tepung. Lalu, masukkan cangkang telur dalam botol atau jerigen.

Aplikasi pupuk dari cangkang telur

Penggunaan pupuk organik dari cangkang telur bisa dilakukan secara langsung atau dengan mencairkan terlebih dahulu. Aplikasi secara langsung bisa dengan menaburkan ke atas media tanam atau mencampurkannya dengan tanah.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Terasi

Sementara itu, jika ingin dilarutkan dalam air, maka kita perlu mencampurkan cangkang telur dalam air mendidih. Kemudian, aduk sampai larut. Setelah dingin, pupuk organik cair dari cangkang telur bisa disiramkan ke tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com