Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Jerami Padi dan Cangkang Telur

Kompas.com - 07/11/2022, 12:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemupukan merupakan bagian penting dalam budidaya tanaman. Pemupukan bertujuan untuk mencukupi nutrisi tanaman. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jenis pupuk kini sangat beragam, salah satunya pupuk organik cair atau POC. Seperti namanya, POC adalah pupuk cari yang dibuat dari bahan-bahan organik.

Seringkali POC dibuat dari sampah rumah tangga, dedaunan kering, atau kotoran hewan. Namun, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar cara membuat pupuk organik cair dari limbah jerami padi dan cangkang telur. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Baca juga: Begini Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Cucian Beras

Kandungan dalam jerami padi dan cangkang telur

Ilustrasi cangkang telur. UNSPLASH/CA CREATIVE Ilustrasi cangkang telur.

Dilansir dari Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek II, Senin (7/11/2022), jerami padi merupakan salah satu limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan kembali. Limbah sisa panen padi ini mengandung sejumlah bahan organik, seperti unsur C, nitrogen, P2O5, K2O, dan SiO2.

Selain itu, jerami padi juga mengandung beragam unsur hara mikro, seperti; tembaga, zinc, mangan, besi, klorin, dan molibdenum. Sementara itu, limbang cangkang telur diketahui mengandung kalsium yang tersimpan dalam bentuk kalsium karbonat sebanyak 97%.

Tak hanya kalsium, cangkang telur juga mengandung protein. Dari kandungan tersebutlah yang membuat kedua bahan tersebut cocok untuk dijadikan bahan pupuk organik cair.

Baca juga: Manfaat Air Cangkang Telur untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Bahan dan alat

Sebelum mulai membuat POC dari jerami padi dan cangkang telur, tak ada salahnya jika kita menyiapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang diperlukan. Adapun beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan, seperti berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com