Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Lemon agar Cepat Berbuah Lebat

Kompas.com - 08/12/2022, 19:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon adalah salah satu jenis jeruk yang yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Pohon Lemon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (8/12/2022), buah lemon banyak digunakan sebagai penyedap dan penyegar, baik untuk makanan maupun minuman. Lemon memiliki banyak kandungan seperti vitamin C yang tinggi, kalium, natrium, dan lainnya.

Adapun manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan antara lain dapat digunakan untuk diet, dapat digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut, menghilangkan jerawat, memutihkan gigi, menyeimbangkan pH dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Baca juga: Simak, Cara Budidaya Lemon agar Cepat Panen dan Berbuah Lebat

Ilustrasi lemon. shutterstock/Ekaterina Iatcenko Ilustrasi lemon.

Anda dapat menanam lemon baik dalam skala besar maupun untuk konsumsi sendiri. Berikut cara menanam lemon agar cepat berbuah lebat.

1. Persiapan lahan tanam

Pastikan lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam atau budidaya lemon memiliki tanah yang gembur dan memiliki kandungan unsur organik yang baik, sehingga nutrisi yang dibutuhkan tanaman lemon terpenuhi.

Lahan juga harus mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup, terbebas dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, serta memiliki tingkat garam rendah.

Pertama, lahan tanam dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, gemburkan lahan dan buatlah gundukan tanah yang nantinya akan ditanami bibit dan beri jarak antar tanaman yang satu dengan yang lain.

Baca juga: Perbedaan Jeruk Nipis, Jeruk Purut, Jeruk Limau, dan Jeruk Lemon

Jangan lupa pula perhatikan kedalaman lubang tanam dengan menyesuaikannya akar bibit.

2. Persiapan bibit lemon

Bibit lemon bisa diperoleh dengan cara membeli bibit yang telah terjamin kualitas serta diakui secara legal oleh negara di toko pertanian. Bibit yang akan ditanam perlu diperhatikan kualitasnya karena kualitas bibit akan memengaruhi jeruk lemon yang dihasilkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com