Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Begini Cara Panen dan Pasca-panen Kentang yang Benar

Kompas.com - 28/12/2022, 12:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panen kentang harus dilakukan tepat waktu agar mendapatkan kualitas umbi terbaik. Selain waktu pemanenan yang tepat, kegiatan pasca panen yang benar juga akan mempengaruhi kualitas kentang.

Oleh karena itu, panen dan pasca panen kentang harus dilakukan dengan baik. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (28/12/2022), berikut cara panen dan kegiatan pasca panen yang perlu diketahui.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Kentang di Musim Hujan

Panen kentang

Waktu panen kentang sebenarnya berbeda-beda tergantung pada varietasnya. Meskipun demikian, ciri kentang yang siap panen bisa diketahui dengan mudah.

Ilustrasi menanam kentang, budidaya kentang. SHUTTERSTOCK/MADLEN Ilustrasi menanam kentang, budidaya kentang.

Tanaman kentang yang siap panen daunnya berubah menjadi kekuningan. Selain itu, umbi kentang yang siap panen juga kulitnya tidak mudah terkelupas saat ditekan.

Sebelum dipanen, tanaman kentang harus dipangkas terlebih dahulu. Setelah itu, bongkar tanaman sampai umbinya terlihat. Pemanenan sebaiknya dilakukan saat cuaca cerah agar kualitas kentang yang dihasilkan bagus.

Baca juga: Cara Budidaya Kentang di Polybag, Bisa Panen dalam 10 Minggu

Pasca panen kentang

Setelah proses pemanenan selesai, maka tahapan berikutnya yang perlu dilakukan yaitu kegiatan pasca panen, meliputi; pembersihan, sortasi dan grading, penyimpanan, serta pengemasan. Berikut penjelasannya.

1. Pembersihan

Pembersihan umbi kentang bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada umbi tersebut. Setelah dibersihkan, umbi kentang diletakkan pada terpal atau wadah lain untuk dikeringanginkan. Sebaiknya pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari langsung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com