Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Lamtoro yang Benar, Bisa Menjadi Pakan Ternak Bernutrisi

Kompas.com - 16/01/2023, 12:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lamtoro adalah tanaman yang biasanya menjadi pakan ternak. Hal tersebut dikarenakan lamtoro memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan nutrisi pada hewan ternak.

Dengan menanam lamtoro, peternak juga bisa mencukupi kebutuhan pakan ternaknya dengan mudah. Dilansir dari Jurnal Gema Ngabdi 3(1), Senin (16/1/2023), cara menanam lamtoro cukup mudah, berikut penjelasan selengkapnya.

Pengolahan lahan

Lahan yang akan ditanami lamtoro diolah terlebih dahulu sampai gembur. Selain itu, lahan yang akan ditanami lamtoro juga harus dibersihkan dari gulma.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Daun Katuk untuk Ternak Unggas

Penanaman lamtoro

Tanaman lamtoroShutterstock/S_Pramela90 Tanaman lamtoro

Cara menanam lamtoro bisa dilakukan menggunakan biji, stum atau cabutan, stek, maupun kultur jaringan. Cara perbanyakan bibit lamtoro yang cukup mudah yaitu dengan menggunakan stek. Berikut langkah-langkah menanam limboto dari stum atau cabutan:

  1. Tanam biji pada lahan yang sudah dipersiapkan. Penanaman biji lamtoro sebaiknya dilakukan di awal musim hujan atau saat tanah masih lembap.
  2. Setelah bibit tumbuh sekitar 30 cm, cabut tanaman muda tersebut dengan hati-hati. Pastikan akar tanaman tidak putus.
  3. Pindahkan bibit cabutan ke lokasi penanaman yang lebih luas.
  4. Lakukan penanaman dengan hati-hatti agar akar bisa berkembang dengan baik.

Baca juga: Cara Menanam Rumput Gajah agar Tumbuh Lebat

Perawatan tanaman lamtoro

Cara merawat tanaman lamtoro tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya, yaitu penyiraman, pemupukan, penyiraman, dan pengendalian organisme pengganggu tanaman. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore untuk menjaga kelembapan media tanam.

Selain penyiraman, lakukan juga pemupukan tanaman lamtoro. Anda bisa menggunakan pupuk organik maupun anorganik sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Apabila didapati tanaman lamtoro yang pertumbuhannya kurang baik, Anda bisa mengganti tanaman tersebut dengan tanaman baru. Sementara itu, jika terdapat gejala serangan organisme pengganggu tanaman, segera kendalikan dengan cara fisik, biologi, maupun kimiawi.

Baca juga: Mengenal Rumput Pakchong, Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi

Panen

Tanaman lamtoro bisa mulai dipanen saat musim hujan kedua setelah tanam. Apabila lamtoro ditanam dengan tujuan pakan ternak, maka cara panen bisa dengan memangkas daun tanaman ini. Kemudian, gunakan sebagai pakan ternak tunggal atau dikombinasikan dengan pakan ternak lain seperti rumput, jagung, dedak padi, atau umbi-umbian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com