Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Nanas Bisa Jadi Pakan Ternak, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 11/10/2022, 14:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman nanas selain menghasilkan buah nanas juga menghasilkan limbah kulit nanas. Limbah ini berupa kulit buah dan serat perasan daging buah.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Selasa (11/10/2022), kulit nanas dapat dijadikan pakan alternatif untuk ternak ruminansia. Pengolahan buah nanas menjadi sari (jus) nanas menghasilkan produk limbah.

Volume limbah tersebut dapat mencapai 85 persen dari bobot buah segar. Pemanfaatan kulit nanas sebagai pakan ternak ruminansia akan memberi nilai tambah.

Baca juga: Olahan Jagung: Bisa Jadi Pemanis hingga Pakan Ternak

Ilustrasi nanas, buah nanas. PIXABAY/SENJAKELABU29 Ilustrasi nanas, buah nanas.

Selain itu, dapat mendorong berkembangnya usaha ternak secara komersial dalam mendukung produksi daging nasional. Kulit buah dan serat perasan daging buah nanas merupakan sumber energi yang potensial untuk ternak ruminansia.

Kandungan serat (NDF) yang relatif tinggi memungkinkan kulit nanas digunakan untuk menggantikan rumput sebagai pakan dasar.

Potensi tanaman nanas sebagai sumber bahan pakan ternak dimungkinkan, apabila terdapat industri yang akan mengolah buah nanas menjadi produk hasil olahan berupa sari nanas.

Tingkat rendemen sekitar 15 perden, atau dihasilkan produk limbah berupa campuran kulit dan serat perasan daging buah sebesar 85 persen.

Baca juga: Cara Membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu

Walaupun tidak seluruh produksi tanaman nanas digunakan untuk memenuhi kebutuhan pabrik pengolah yang ada, secara potensi terdapat 596.000 ton per tahun limbah nanas segar yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak.

Limbah kulit nanas merupakan sumber energi yang potensial, karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, yaitu 71,6 persen bahan ekstrak tanpa N (BETN) dan 9,35 persen serat kasar. Produksi limbah kulit nanas yang dihasilkan industri pengalengan nanas sangat besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com