Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahan Jagung: Bisa Jadi Pemanis hingga Pakan Ternak

Kompas.com - 08/09/2022, 17:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Jagung adalah salah satu tanaman pangan pokok di Indonesia. Jagung biasa dimanfaatkan dan diolah menjadi beragam produk hidangan yang digemari masyarakat.

Namun demikian, produk olahan jagung juga dimanfaatkan sebagai bahan baku beragam produk pangan maupun non-pangan lainnya. Olahan jagung pun dijadikan salah satu bahan baku untuk produk perawatan diri seperti pasta gigi, yang menggunakan sorbitol sebagai pemanis.

Sebagai contoh, produk pati jagung biasa digunakan oleh industri sebagai pemanis, texturizer atau pencipta tekstur, makanan dan minuman, hingga tekstil.

Baca juga: Cargill Resmikan Pabrik Pengolahan Jagung Basah di Pandaan

Produk olahan jagung yang diproduksi oleh Cargill dipamerkan di pabrik pengolahan jagung basah di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Produk olahan jagung yang diproduksi oleh Cargill dipamerkan di pabrik pengolahan jagung basah di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022).

Sementara itu, produk olahan jagung berupa protein fiber liptid (FPL) meliputi corn gluten meal, corn gluten feed, dan corn germ yang digunakan untuk pakan ternak.

Meskipun demikian, beragam produk olahan jagung tersebut kerap kali masih dipenuhi dengan impor. Oleh sebab itu, peningkatan kualitas produksi jagung diperlukan untuk mengurangi impor olahan jagung yang dibutuhkan oleh industri.

Menjawab tantangan tersebut, Cargill mengoperasikan pabrik pengolahan jagung basah atau corn wet mill di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan industri sekaligus membantu pemerintah mengurangi impor bahan baku yang sebenarnya bisa diproduksi di dalam negeri.

Baca juga: 3 Tips Menanam Jagung agar Buahnya Besar

Menurut Drajat Irawan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Jawa Timur adalah salah satu provinsi produsen jagung terbesar di Indonesia dengan produksi mencapai lebih dari 6 juta ton per tahun.

Drajat menjelaskan, kehadiran pabrik pengolahan jagung yang dibangun oleh Cargill memungkinkan pemanfaatan jagung yang diproduksi oleh para petani di Jawa Timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com