Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Jeruk Manis di Indonesia yang Potensial untuk Dikembangkan

Kompas.com - 29/01/2023, 14:34 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk manis menjadi jenis buah yang banyak disukai. Di Indonesia, jenis jeruk manis ternyata sangat beragam.

Dikutip dari situs Balitjestro Litbang Pertanian, Minggu (29/1/2023), jenis jeruk manis di Indonesia, antara lain; jeruk manis kisaran, manis pacitan, manis taji, dan ortaji. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Jeruk manis kisar

Jeruk manis ini termasuk varietas jeruk lokal yang dilepas Menteri Pertanian pada 4 November 1998 berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 864/Kpts/TP.240/11/1998. Jeruk ini memiliki rasa manis dan segar.

Baca juga: 3 Varietas Jeruk Manis di Indonesia, Apa Saja?

Ukuran buah jeruk manis kisar sedang dengan warna kulit orange. Aroma buah ini lembut dan kandungan airnya cukup banyak. Daya simpan jeruk ini cukup baik dan tahan terhadap kondisi kering.

2. Jeruk manis pacitan

Ilsutrasi buah jerukShutterstock/sirtravelalot Ilsutrasi buah jeruk

Jeruk manis pacitan atau yang dikenal sebagai jeruk baby juga termasuk varietas jeruk unggul yang potensial untuk dikembangkan. Jeruk ini memiliki bentuk bulat dengan bagian ujungnya agak rata dan pangkalnya datar.

Buah ini memiliki berat sekitar 164,9 sampai 187,4 gram. Buah jeruk ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Namun, produktivitas tanaman akan maksimal jika tumbuh di dataran tinggi.

Baca juga: Mengenal Jeruk Baby Pacitan, Rasanya Manis dan Cocok untuk Anak-anak

3. Jeruk manis taji

Jenis jeruk manis lainnya yaitu jeruk manis taji. Buah ini memiliki ukuran cukup besar. Tanaman jeruk manis taji bisa ditanam di dataran rendah maupun tinggi.

4. Jeruk manis ortaji

Ragam buah jeruk manis asli Indonesia yang terakhir yaitu jeruk manis ortaji. Varietas jeruk manis ini baru dilepas pada tahun 2019 berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 131/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2019.

Jeruk manis ortaji memiliki ukuran cukup besar dengan berat sekitar 321 hingga 508 g/buah. Warna kulitnya kuning oranye dengan rasa manis agak asam. Jeruk ini diketahui memiliki biji yang sedikit dan bisa berbunga sepanjang tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com