Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Tanaman Hidroponik, Bisa Ditanam di Rumah

Kompas.com - 07/02/2023, 16:11 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman yang tidak memerlukan tanah. Biasanya, media tanam hidroponik yang digunakan yaitu cocopeat, rockwool, atau arang sekam.

Jenis tanaman yang banyak ditanam dengan sistem hidroponik cukup beragam, mulai dari sayuran, tanaman buah, tanaman herbal, hingga tanaman hias. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (7/2/2023), berikut jenis tanaman hidroponik yang perlu diketahui.

1. Selada

Selada merupakan jenis sayuran yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Sayuran ini akan tumbuh dengan subur, apabila dirawat dengan baik.

Baca juga: Cara Menanam Selada Hidroponik, Bisa Dilakukan di Rumah

Selada juga termasuk sayuran cepat panen, sehingga hasilnya bisa cepat dinikmati. Harga jual selada hidroponik juga relatif tinggi, sehingga bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.

2. Bayam

Ilustrasi bayam, tanaman bayam. PIXABAY/MAXMANN Ilustrasi bayam, tanaman bayam.

Selain selada, sayuran lainnya yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik yaitu bayam. Tanaman ini cukup mudah ditanam, akan tetapi perlu pemeliharaan dengan rutin agar hasil panennya maksimal.

Sama seperti selada, bayam juga termasuk tanaman cepat panen. Waktu panen yang tepat untuk sayuran ini sekitar 26 sampai 29 hari setelah penyemaian.

3. Timun

Tanaman hidroponik lainnya yaitu timun. Tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Baca juga: Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Maka dari itu, penanaman timun hidroponik sebaiknya dilakukan dalam rumah kaca. Selain itu, timun juga memerlukan tempat yang luas agar pertumbuhan timun maksimal. Maka dari itu, sebaiknya gunakan tempat menanam yang besar supaya hasil panennya maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com