Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Cangkang Telur untuk Sumber Kalsium Tanaman Cabai dan Tomat

Kompas.com - 24/02/2023, 18:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa unsur nutrisi yang dibutuhkan tanmaan, salah satunya adalah kalsium. Kekurangan kalsium akan memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (24/2/2023), cara mudah untuk mengetahui tanaman kekurangan kalsium adalah dengan mengamati pertumbuhan baru. Daun yang lebih muda akan terlihat kecil, cacat, dan terkadang berubah warna.

Dalam hal pertumbuhan tanaman, kalsium berperan penting dalam perkembangan dinding sel dan membran sel. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan perubahan warna, deformasi, dan keriting daun.

Baca juga: Pahami Ciri-ciri Padi yang Kekurangan Nutrisi

Ilustrasi cangkang telur. PEXELS/MOBILE PHOTOGRAPHY Ilustrasi cangkang telur.

Kekurangan kalsium juga menyebabkan pecahnya buah-buahan pada apel, tomat, terong, dan ceri. Kekurangan kalsium juga mengurangi pertumbuhan akar dan mendorong pertumbuhan terhambat.

Cara termurah dan paling organik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggunakan cangkang telur.

Cangkang telur kaya akan kalsium karbonat, yakni sebanyak 37 persen, yang merupakan elemen penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Berikut cara membuat nutrisi kalsium untuk tanaman cabai dan tomat dengan menggunakan cangkang telur.

Baca juga: Cara Membuat Nutrisi untuk Tanaman Selada Pakai Pepaya Busuk

Yang harus Anda lakukan adalah menggiling 6 sampai 8 cangkang telur dalam penggiling dan membuat bubuk halus. Cukup tambahkan ke media tanam dengan mencampurnya dengan baik di tanah.

Lakukan ini terutama saat menanam tanaman keluarga tomat seperti tomat, mentimun, cabai, dan terong karena melindungi tanaman dari pembusukan ujung bunga yang umumnya terjadi karena kekurangan kalsium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com