Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tanaman Adam Hawa, Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Polutan

Kompas.com - 26/02/2023, 16:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman memiliki fungsi penting bagi kehidupan di bumi. Salah satunya sebagai menyerap polutan di udara, tanah, maupun air.

Ada banyak jenis tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap polutan. Salah satunya tanaman adam hawa.

Apa itu tanaman adam hawa? Dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Lamongan, Minggu (26/2/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Hias Daun yang Corak dan Warnanya Cantik

Ciri khas tanaman adam hawa

Tanaman adam hawa termasuk tanaman herba dengan tinggi pohon sekitar 40 sampai 40 cm. Batang tanaman ini kasar, pendek, lurus, dan tidak mempunyai cabang.

Batang tanaman dengan nama latin Rhoeo discolor ini memiliki buku-buku dan ruas-ruas yang terlihat jelas. Buku dan ruas tersebut menjadi tempat pertumbuhan daun.

Ilustrasi tanaman hias adam hawaShutterstock/Sunflowers04 Ilustrasi tanaman hias adam hawa

Daun tanaman ini termasuk daun tunggal dengan bentuk seperti pedang dan bagian ujungnya runcing. Daun tanaman ini cukup panjang yaitu sekitar 30 cm dengan lebar antara 2,5 hingga 6 cm.

Sementara itu, warna daunnya ada dua dengan sisi adaksial berwarna hijau tua dan sisi abaksialnya ungu. Meskipun daunnya tunggal, tanaman adam hawa ternyata mempunyai bunga majemuk.

Baca juga: 5 Tanaman Hias dalam Ruangan, Bisa Menjadi Dekorasi Rumah

Bentuk bunga ini seperti mangkok dan letaknya ada di ketiak daun. Bunga tanaman ini juga memiliki kelopak yang bentuknya seperti kerang.

Manfaat tanaman adam hawa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tanaman adam hawa memiliki manfaat untuk membersihkan udara dari polusi dan membuat udara lebih segar. Selain itu, tanaman adam hawa juga bisa ditanam sebagai tanaman hias di rumah.

Tak hanya itu, daun dan bunga tanaman ini bermanfaat sebagai anti radang, menjaga kesehatan paru-paru, mengencerkan dahak, hingga sebagai anti diare.

Itulah ulasan singkat seputar tanaman adam hawa yang penting untuk diketahui. Anda bisa menanam tanaman ini di rumah karena memiliki penampilan yang menarik dan manfaat yang beragam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com