Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Sawi di Musim Hujan yang Benar

Kompas.com - 04/03/2023, 13:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sawi merupakan sayuran yang mudah ditanam dan tahan terhadap segala cuaca, tak terkecuali musim hujan. Cara menanam sawi di musim hujan sebenarnya tidak berbeda dengan menanam sawi di musim kemarau.

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (4/3/2023), berikut ini cara menanam sawi saat musim hujan.

Persiapan lahan

Pengolahan lahan dilakukan sampai tanah gembur. Kemudian buat bedengan membujur dari barat ke timur. Di musim hujan, bedengan biasanya dibuat lebih tinggi agar tanaman tidak tergenang.

Baca juga: 6 Cara Menanam Sawi yang Sesuai dengan Syarat Pertumbuhannya

Penanaman

Kegiatan penanaman sawi di musim hujan dilakukan dengan cara menyebar benih di atas bedengan yang sudah diberi pupuk ZA. Setelah itu, tutup bedengan dengan jerami agar benih tidak hanyut saat hujan.

Ilustrasi tanaman caisim, menanam caisim. SHUTTERSTOCK/LZF Ilustrasi tanaman caisim, menanam caisim.

Penyiraman

Saat musim hujan, penyiraman dilakukan secukupnya saja. Bahkan jika hujan sudah terlalu sering atau deras, maka penyiraman bisa ditiadakan.

Pemupukan

Pemupukan bisa dilakukan secara bertahap. Pemupukan pertama bisa dilakukan setelah tanaman berumur 7 hari setelah tanam dengan cara menaburkan pupuk Urea 10 kg.

Setelah itu, pemupukan kedua dilakukan saat tanaman berumur 14 hari setelah tanam dengan menaburkan pupuk Urea dalam jumlah yang sama.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Menanam Sawi di Polybag

Pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT)

Pengendalian OPT bisa dilakukan dengan menggunakan pestisida. Pemberian pestisida disesuaikan dengan tingkat serangan OPT.

Panen

Tanaman sawi biasanya bisa dipanen setelah berumur 28 hingga 30 hari. Caranya cukup dengan mencabut tanaman sawi sampai ke akarnya, lalu buang akar tanaman tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com