Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Sawi Daging yang Benar agar Hasilnya Berkualitas Tinggi

Kompas.com - 07/03/2023, 15:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakcoy atau sawi daging merupakan salah satu sayuran banyak dibudidayakan. Sayuran ini memiliki rasa enak dan banyak disukai.

Banyaknya penikmat sayuran ini membuat pakcoy bisa menjadi komoditas yang menjanjikan untuk dibudidayakan. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (7/3/2023), berikut cara menanam sawi daging yang benar.

Menyiapkan lahan budidaya

Lahan yang akan digunakan untuk menanam pakcoy harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman liar. Setelah itu, gemburkan tanah tersebut.

Baca juga: Cara Budidaya Pakcoy di Polybag, Mudah dan Cepat Panen

Kemudian, buat bedengan dan saluran drainase agar pengairan berjalan dengan lancar. Lalu, beri pupuk kandang pada bedengan dan siram lahan untuk memadatkan kompos.

Ilustrasi PakcoyDok. Wikimedia / Jeremy Keith Ilustrasi Pakcoy

Penyemaian

Kegiatan budidaya sawi daging lainnya yaitu penyemaian dalam polybag atau bedengan semai. Caranya dengan menyebar benih dan tutup benih dengan tanah. Setelah itu, lakukan penyiraman sampai tumbuh menjadi bibit atau tanaman muda.

Penanaman

Cara menanam sawi daging diawali dengan membuat lubang tanam. Kemudian tempatkan bibit pada lubang tanam dan tutup lubang tanam sembari dipadatkan agar bibit tidak rebah.

Baca juga: Cara Menanam Pakcoy dengan Sistem Hidroponik Wick

Perawatan tanaman

Perawatan tanaman sawi daging cukup mudah, lakukan penyiraman secara rutin terutama ketika musim kemarau. selain itu, lakukan juga penjarangan setidaknya 2 minggu setelah penanaman agar pertumbuhan tanaman optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com