Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Tanaman Buah Harus Dipangkas? Ini Alasannya

Kompas.com - 28/10/2022, 14:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perawatan yang harus dilakukan dalam proses menanam buah adalah pemangkasan tanaman. Tanaman buah harus dipangkas karena tanaman cenderung akan tumbuh terus, baik tumbuh ke atas maupun tumbuh ke samping.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (28/10/2022), pertumbuhan yang tidak diarahkan pada beberapa jenis tanaman buah, akan menghasilkan tajuk tanaman yang umumnya tumbuh memanjang ke arah atas, dengan batang atau cabang tunggal. Kuatnya dominasi apikal (tunas ujung) di bagian ujung tanaman, memacu tanaman untuk terus tumbuh meninggi ke arah atas.

Salah satu cara untuk mematahkan dominasi apikal tersebut adalah dengan cara pemangkasan, yang akan merangsang keluarnya pertumbuhan tunas-tunas samping atau tunas lateral.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Sayuran Daun yang Mudah Ditanam di Rumah

Ilustrasi tanaman buah srikaya. Daun srikaya dapat digunakan untuk membuat pestisida nabati. SHUTTERSTOCK/LLLONAJALLL Ilustrasi tanaman buah srikaya. Daun srikaya dapat digunakan untuk membuat pestisida nabati.

Dengan demikian, bentuk tanaman sebagai manifestasi pertumbuhan tanaman menjadi lebih ideal dan seimbang, baik pertumbuhan ke arah atas maupun ke arah samping.

Pada prinsipnya pemangkasan tanaman buah dilakukan untuk membuang cabang atau ranting pohon yang tidak bermanfaat, merangsang munculnya tunas vegetatif pada ranting-ranting yang sebelumnya berbuah, sekaligus mengendalikan pertumbuhan tanaman yang berlebihan sehingga dapat mendukung kontinuitas produksi.

Ranting atau dahan yang perlu dipangkas adalah ranting-ranting kecil yang tidak berguna.

Apabila batang sudah besar kemungkinan besar ranting tersebut akan mati, maka potonglah ranting-ranting tersebut sebelum mati dengan sendirinya. Ini berlaku bagi semua ukuran pohon, baik kecil ataupun besar.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Sayur Organik agar Hasil Panennya Berkualitas

Kesehatan tanaman secara keseluruhan juga sangat dipengaruhi oleh bentuk tanamannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com