Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Pot untuk Menanam Sayuran

Kompas.com - 08/04/2023, 14:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya sayuran tak hanya dilakukan di kebun atau lahan terbuka. Sayuran juga bisa ditanam di dalam pot.

Pot tidak hanya berfungsi sebagai wadah media tanam, namun juga sebagai tempat pertumbuhan akar. Dikutip dari buku Bertanam 15 Sayuran Organik dalam Pot, Sabtu (8/4/2023), berikut ini tips memilih pot untuk menanam sayuran.

1. Pilih jenis pot yang paling sesuai

Berdasarkan bahan yang digunakan, jenis pot terbagi menjadi dua jenis yakni pot yang bersifat poros dan tidak poros. Contoh pot yang bersifat poros yaitu pot tanah liat.

Baca juga: Cara Membuat Cocopot di Rumah dengan Mudah

Sedangkan jenis pot yang tidak poros yaitu pot dari plastik, logam, dan gelas. Sementara itu, pot yang terbuat dari kayu bersifat semi poros.

Ilustrasi tanaman yang tumbuh di cocopotShutterstock/Skeronov Ilustrasi tanaman yang tumbuh di cocopot

Pot dari plastik merupakan jenis pot yang banyak digunakan karena ringan, bersih, mudah didapat, dan harganya relatif murah. Meskipun demikian, jenis pot yang paling bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman sayur yaitu pot dari tanah liat atau semen.

Pasalnya, pot tersebut terbuat dari material yang lebih menyerap air, sehingga tanaman tidak mudah layu.

2. Amati lubang drainase

Tips memilih pot untuk menanam sayuran berikutnya yaitu dengan memperhatikan lubang drainase. Pilihlah pot yang memiliki lubang drainase sekitar 4 hingga 5 lubang di bagian bawah pot.

Baca juga: 4 Jenis Wadah Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditemui

Tujuannya agar drainase tetap lancar. Pot yang tidak memiliki lubang drainase kurang cocok untuk menanam sayuran karena bisa membuat pertumbuhan sayuran tidak maksimal.

3. Petimbangkan ukuran pot

Ukuran pot yang akan digunakan juga harus dipertimbangkan. Penggunaan pot yang terlalu kecil akan membuat pertumbuhan tanaman tidak optimal karena perkembangan akar terbatas.

Ukuran pot juga disesuaikan dengan pertumbuhan tajuk tanaman. Pot besar cocok digunakan untuk menanam cabai, tomat, dan tanaman yang tajuknya cukup besar.

Sedangkan pot yang kecil atau sedang biasanya digunakan untuk menanam sayuran daun seperti selada, bayam, sawi, pakcoy dan lain sebagainya. Jika tanaman daun ditanam pada pot yang besar, maka akan terlihat kurang proporsional dan boros tempat.

Baca juga: Cara Membuat Sekam Padi Bakar, Bisa Menjadi Media Tanam

4. Sesuaikan pot dengan perakaran tanaman

Jenis sayuran dengan perakaran dangkal seperti selada dan bayam, sebaiknya ditanam pada pot yang kedalamannya sekitar 20 cm dan diameternya 15 cm.

Sedangkan sayuran yang perkaranya agak dalam, seperti terong dan cabai sebaiknya ditanam pada pot yang diameternya lebih dari 15 cm dan kedalamannya lebih dari 20 cm.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com