Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Penyiraman Tanaman Bawang Putih agar Tumbuh Subur

Kompas.com - 11/06/2023, 21:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBawang putih merupakan komoditas hortikultura yang prospektif. Untuk mendapatkan bawang putih yang berkualitas, maka perawatan tanaman bawang putih harus dilakukan dengan benar.

Salah satu bentuk perawatan yang perlu dilakukan yaitu penyiraman tanaman bawang putih.. Pemberian air harus cukup dapat membuat kelembaban tanah terjaga, sehingga tanaman tetap segar.

Selain itu, penyiraman yang benar juga berpengaruh terhadap ukuran dan bobot umbi bawang putih. Dalam melakukan penyiraman bawang putih, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, seperti waktu penyiraman, cara penyiraman, frekuensi penyiraman, dan lain sebagainya. Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 4 Tips Merawat Tanaman Bawang Putih agar Produktivitasnya Maksimal

Waktu penyiraman

Ilustrasi menanam bawang putih.SHUTTERSTOCK/DAVID SHITIKOFF Ilustrasi menanam bawang putih.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu waktu penyiraman. Bawang putih membutuhkan air yang banyak dalam tahap pertumbuhannya, terutama pada awal tanam.

Namun, ketika tanaman sudah tua dan mendekati masa panen, pemberian air harus dikurangi. Tujuannya untuk mencegah umbi bawang putih menjadi terlalu basah dan berpotensi membusuk.

Teknik penyiraman

Selanjutnya yaitu teknik penyiraman bawang putih yang tepat. Bawang putih membutuhkan penyiraman yang merata, tetapi tidak boleh terlalu basah.

Pastikan tanah di sekitar tanaman cukup lembab. Penyiraman dengan cara menggenangkan air pada parit-parit bedengan. Setelah itu, siramkan kepada tanaman menggunakan gembor siram khusus bawang putih yang memiliki banyak lubang.

Baca juga: 5 Cara Marawat Tanaman Bawang Putih di Lahan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com