Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Eucalyptus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 02/07/2023, 15:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman eucalyptus atau kayu putih adalah salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang memiliki banyak kegunaan. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia, bahkan olahan dari tanaman juga cukup beragam.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal seputar tanaman eucalyptus lengkap dengan manfaatnya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal tanaman eucalyptus

Eucalyptus merupakan salah satu tanaman yang potensial karena banyak manfaatnya. Mengutip dari Dinas Pertanian & Pangan Kabupaten Demak, Minggu (2/7/2023), kelenjar pada daun eucalyptus mengandung minyak aromatik yang mudah menguap dan biasanya dikenal sebagai minyak kayu putih.

Baca juga: Cara Menanam Serai Wangi, Tanaman Penghasil Minyak Atsiri

Minyak esensial tersebut didapatkan dari daunnya. Untuk memperoleh minyak tersebut, daun eucalyptus perlu dikeringkan, dihancurkan, dan disuling.

Ilustrasi minyak kayu putih atau eucalyptus (Pexels/RDNE Stock). Ilustrasi minyak kayu putih atau eucalyptus (Pexels/RDNE Stock).

Kayu tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan kertas. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat furniture. Bahkan, beberapa jenis eucalyptus bisa ditanam untuk reboisasi.

Manfaat eucalyptus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa eucalyptus mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat eucalyptus untuk kesehatan.

1. Membantu meredakan batuk dan pilek

Minyak eucalyptus sudah sejak lama digunakan sebagai obat pereda batuk dan pilek. Hal tersebut dikarenakan minyak tersebut bersifat anti bakteri, virus, dan jamur.

Minyak kayu putih bisa dihirup melalui hidung atau dioleskan pada leher dan dada, sehingga aromanya tercium dan bisa meredakan batuk maupun pilek.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Penghasil Minyak Atsiri dari Indonesia

2. Mencegah gigitan nyamuk

Minyak kayu putih juga bisa membantu mencegah gigitan nyamuk karena memiliki aroma yang kuat. Dengan demikian, indera penciuman nyamuk akan terganggu.

3. Obat luka

Kandungan antibakteri dalam daun eucalyptus bermanfaat untuk mencegah infeksi hingga mempercepat penyembuhan luka. Maka dari itu, daun tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan krim atau salep.

4. Mengurangi nyeri sendi

Eucalyptus juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh penyakit pengapuran sendi dan radang sendi. Selain itu, eucalyptus juga bisa mengurangi sakit punggung atau mengobati cedera sendi dan otot. Maka dari itu, ekstrak eucalyptus berperan sebagai pereda nyeri dan bersifat analgesik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com