Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Akar Wangi, Tanaman Penghasil Minyak Atsiri

Kompas.com - 27/02/2023, 18:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akar wangi adalah salah satu jenis tanaman penghasil minyak atsiri. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia dan potensial untuk dikembangkan.

Lantas, bagaimana cara menanam akar wangi yang benar? Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (27/2/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Syarat tumbuh akar wangi

Akar wangi sebenarnya termasuk tanaman liar. Namun, saat ini tanaman ini banyak dibudidayakan karena berpotensi menghasilkan minyak atsiri yang nilai jualnya tinggi.

Akan tetapi, minyak atsiri yang bernilai jual tinggi harus memiliki kualitas terbaik. Kualitas tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah dan iklim tempat tumbuh akar wangi.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Penghasil Minyak Atsiri dari Indonesia

Kondisi tanah yang sesuai untuk pertumbuhan akar wangi yaitu tanah berpasir atau tanah abu vulkanik. Selain itu, sebaiknya tanah mengandung banyak air dan memiliki pH 6 hingga 7.

Sementara itu, iklim yang sesuai untuk pertumbuhan akar wangi yaitu memiliki suhu 17 sampai 27 derajat Celcius dan mendapatkan penyinaran matahari langsung.

Ilustrasi minyak akar wangiUnsplash Ilustrasi minyak akar wangi

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam akar wangi perlu digemburkan 1,5 sampai 2,5 bulan sebelum penanaman. Setelah itu, buat lubang tanam ukuran 20 x 20 cm dan kedalaman 15 cm atau ukuran lubang tanam 30 x 30 cm dengan kedalaman 10 cm.

Berikan pupuk kandang pada lubang tanam setidaknya 1 bulan sebelum penanaman. Lubang tanam kemudian dibiarkan terbuka selama 2 minggu sebelum penanaman agar mendapatkan penyinaran matahari langsung.

Baca juga: Cara Menanam Cengkeh agar Cepat Panen

Pembibitan

Perbanyakan tanaman akar wangi bisa dilakukan secara vegetatif menggunakan bonggol akar. Bonggol akar wang diambil dari tanaman dalam rumpun yang tidak memiliki bunga.

Lalu, dipecah sehingga setiap pecahannya mempunyai tunas. Bonggol tersebut bisa langsung ditanam di lahan.

Penanaman

Penanaman akar wangi sebaiknya dilakukan di awal musim hujan. Hal tersebut dikarenakan akar wangi membutuhkan jumlah air yang cukup di awal pertumbuhannya.

Jika akar wangi ditanam di luar musim hujan, maka penyiraman harus dilakukan rutin dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Cara menanam akar wangi yaitu dengan meletakkan bonggol akar yang wangi yang sudah dipilih pada lubang tanam. Kemudian tutup lubang tanam dengan tanah dan padatkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com