Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips agar Pohon Jeruk Rajin Berbuah

Kompas.com - 08/07/2023, 12:56 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk termasuk buah yang banyak disukai. Permintaan buah ini selalu ada setiap harinya. Maka dari itu, budidaya jeruk terus upayakan agar bisa dipanen setiap saat tanpa mengenal musim.

Tapi tenang saja karena ternyata ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk membuat tanaman jeruk berbuah sepanjang tahun. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini beberapa tips agar pohon jeruk rajin berbuah.

1. Memilih lokasi budidaya

Salah satu cara yang bisa dipilih untuk membuat tanaman jeruk berbuah sepanjang waktu yaitu dengan menanam buah jeruk di lokasi yang tepat. Lokasi budidaya jeruk sebaiknya disesuaikan dengan syarat tumbuh tanaman tersebut.

Baca juga: Tips dan Cara Menanam Jeruk agar Berbuah Sepanjang Tahun

Lahan yang sesuai untuk menanam jeruk yaitu tanah lempung sampai lempung berpasir dengan kandungan humus, tata air, dan udara yang baik. pH tanah yang sesuai untuk budidaya buah ini antara 5,5 sampai 6,5.

ilustrasi tanaman jerukPixabay/Hans ilustrasi tanaman jeruk

2. Tanam varietas unggul

Produktivitas tanaman sangat dipengaruhi oleh varietas yang ditanam. Pastikan untuk memilih varietas unggul yang produktivitasnya tinggi agar tanaman yang tumbuh bisa berbuah sepanjang tahun.

Setelah mendapatkan varietas terbaik, pilih benih berkualitas yang akan ditanam. Benih harus sehat, bebas hama dan penyakit, tidak mandul, ukurannya seragam, dan berlabel.

3. Lakukan penanaman dengan benar

Penerapan kultur teknis yang benar juga mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Kegiatan budidaya jeruk diawali dengan pengolahan lahan, persiapan benih, penanaman, dan perawatan tanaman yang rutin.

Baca juga: Tips Menanam Jeruk agar Panennya Melimpah

Itulah beberapa tips agar pohon jeruk rajin berbuah. Cara tersebut bisa diterapkan untuk mendapatkan buah jeruk yang kualitas dan kuantitasnya maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com