Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam Jeruk agar Panennya Melimpah

Kompas.com - 04/02/2023, 12:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, budidaya jeruk cukup masif. Bahkan, jeruk menjadi salah satu komoditas yang prospektif.

Varietas jeruk yang ditanam juga sangat beragam. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (4/1/2023), berikut beberapa tips menanam jeruk agar tanaman tumbuh sehat dan panennya melimpah.

Baca juga: Tips Agar Jeruk Keprok Cepat Berbuah

Pilih lokasi yang tepat

Pemilihan lokasi yang tepat sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Jeruk biasanya tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 0 hingga 400 meter di permukaan laut (mdpl).

ilustrasi tanaman jerukPixabay/Hans ilustrasi tanaman jeruk

Sementara itu, suhu yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman ini antara 13 sampai 35 derajat Celcius dengan curah hujan 1000 sampai 3000 mm/tahun.

Tanam jeruk di tanah yang subur

Tips menanam jeruk lainnya yaitu lakukan budidaya jeruk di lahan yang subur. Tanah yang subur dengan tekstur lempung berpasir sangat cocok untuk menanam buah ini. Selain itu, pH tanah juga sebaiknya normal.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Jeruk Manis dan Perawatannya

Memilih benih atau bibit

Pemilihan benih yang tepat juga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Kriteria benih yang baik yaitu berasal dari okulasi mata tempel, berlabel, memiliki tinggi sekitar 75 cm, bebas hama maupun penyakit, serta pertumbuhan dan perakaran normal.

Lakukan pengolahan lahan dan penanaman dengan benar

Pengolahan lahan diperlukan agar kondisi lahan sesuai dengan syarat tumbuh tanaman jeruk. Setelah lahan diolah sampai gembur, atur jarak tanam yang ideal.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com