Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merawat Jeruk Nipis agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 19/06/2023, 20:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang memiliki aroma segar dan rasa yang asam. Buah ini memiliki ukuran kecil, biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap makanan atau bahan minuman segar.

Selain rasanya yang khas, jeruk ini juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tanaman jeruk ini sebenarnya mudah dibudidayakan.

Bahkan, kita bisa menjumpai tanaman jeruk nipis tumbuh di halaman rumah. Namun, untuk mendapatkan buah jeruk nipis yang berkualitas, perlu perawatan tanaman yang maksimal.

Lantas, bagaimana cara merawat jeruk nipis? Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Cara Menanam Jeruk Nipis agar Cepat Berbuah Lebat

1. Penyiraman tanaman

Pada tahap awal pertumbuhan, tanaman jeruk nipis memerlukan air yang cukup banyak. Pemberian air dilakukan sebanyak 2 kali sehari.

Ilustrasi jeruk nipis, pohon jeruk nipis. PIXABAY/AKIROQ Ilustrasi jeruk nipis, pohon jeruk nipis.

Namun pada musim hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan. Cara pemberian air dapat dilakukan dengan cara disiram menggunakan gembor ataupun disemprot menggunakan selang. Berikan air secukupnya, jangan sampai menggenang karena dapat membuat akarnya menjadi busuk.

2. Pembersihan gulma

Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman jeruk nipis. Apabila tidak segera dibersihkan, akan terjadi kompetisi perebutan air dan unsur hara.

Pembersihan dapat dilakukan secara manual menggunakan cangkul dan sabit. Pada area lahan yang luas, pembersihan gulma menggunakan herbisida adalah cara yang paling efektif.

Baca juga: Perbedaan Jeruk Nipis, Jeruk Purut, Jeruk Limau, dan Jeruk Lemon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com