Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Jambu Air dalam Pot agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 16/07/2023, 15:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanam buah dalam pot atau tabulampot merupakan salah satu cara budidaya tanaman buah di lahan terbatas. Berbagai jenis buah bisa ditanam dalam pot, salah satunya jambu air.

Cara menanam jambu air dalam pot sebenarnya tidak berbeda jauh dengan budidaya buah jambu air di lahan terbuka. Namun, untuk membuat tanaman jambu air berbuah banyak dan rajin berbuah, maka perawatan harus dilakukan dengan maksimal.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (16/7/2023), berikut ini cara merawat jambu air dalam pot agar pertumbuhan dan produktivitasnya maksimal.

Baca juga: Cara Membuat Jambu Air Berbuah di Luar Musim

1. Penyiraman

Penyiraman jambu air harus dilakukan secara rutin dua kali sehari atau tergantung pada kondisi cuaca. Pengiran bisa dilakukan secara manual atau kran otomatis.

Ilustrasi tanaman jambu airShutterstock/Padodo Ilustrasi tanaman jambu air

Jika menggunakan sistem irigasi tetes, maka frekuensi penyiraman dapat dilakukan 1 kali sehari saat tanaman berumur 0 hingga 7 bulan. Saat memasuki umur produksi, penyiraman bisa dilakukan 2 kali sehari dan di musim kemarau penyiraman dilakukan 3 hari sekali masing-masing 15 menit atau 2 hingga 3 liter per penyiraman.

2. Pemupukan

Jenis pupuk yang diberikan yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Setiap bulan, tambahkan 1 kg pupuk kandang.

3. Pemangkasan

Lakukan pemangkasan untuk membentuk tajuk, sehingga berbentuk pola 1-3-7-13 yakni 1 cabang utama, 3 cabang primer, 7 cabang sekunder, dan 13 cabang tersier.

Baca juga: Budidaya Jambu Madu Deli dalam Pot, Bisa Ditanam di Lahan Sempit

Pemangkasan pertama dilakukan saat tanaman jambu air berumur 4 bulan setelah pindah pot. Selanjutnya, lakukan pemangkasan setiap 3 bulan sekali.

4. Penjarangan bunga

Selain melakukan pemangkasan, lakukan juga penjarangan bunga. Caranya yaitu dengan membuang bagian tengah agar buah bisa tumbuh besar dan tidak saling bergesekan.

5. Pengendalian hama dan penyakit

Cara merawat jambu air dalam pot yang terakhir yaitu mengendalikan hama dan penyakit. Pencegahan serangan hama maupun penyakit bisa dilakukan dengan membungkus buah yang ukurannya masih kecil menggunakan plastik transparan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com