Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengendalikan Lalat Buah pada Jambu Kristal

Kompas.com - 08/07/2023, 09:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat buah merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman buah, tak terkecuali tanaman jambu kristal. Gejala serangan lalat buah pada jambu kristal sebenarnya tidak terlihat pada bagian luar.

Bagian luar buah ini terlihat mulus dan bagus, namun didalamnya busuk dan terdapat banyak larva lalat buah. Hal tersebut dikarenakan lalat buah betina akan mengeluarkan telur di dalam daging buah.

Kemudian, telur akan menetas menjadi larva. Nantinya, larva ini akan memakan daging buah dewasa yang hampir matang, sehingga menyebabkan buah busuk.

Baca juga: Cara Budidaya Jambu Kristal

Serangan hama ini bisa menyebabkan penurunan kualitas buah dan merugikan petani. Oleh karena itu, perlu cara tepat untuk mengendalikan hama ini.

Ilustrasi jambu kristal. PIXABAY/6437364 Ilustrasi jambu kristal.

Dikutip dari Buku Lapang Jambu Kristal, Sabtu (8/7/2023), berikut ini tiga cara mengendalikan lalat buah pada jambu kristal.

Pengendalian secara kultur teknis

Pengendalian lalat buah bisa dilakukan dengan cara kultur teknis. Kegiatan kultur teknis yang bisa dilakukan yaitu membungkus buah menggunakan kertas atau plastik polyethylene.

Pengendalian mekanis

Cara mengendalikan lalat buah pada jambu kristal lainnya yaitu dengan membersihkan sisa tanaman atau daun jambu kristal yang rontok. Setelah itu, bakar sisa tanaman tersebut atau timbun di dalam tanah untuk mencegah penularan.

Baca juga: Cara Budidaya Jambu Kristal di Pot

Pengendalian kimiawi

Kegiatan pengendalian ini dilakukan dengan memasang umpan lalat seperti Metyl eugenol yang dipasang dalam botol air mineral bekas. Alat tersebut akan membuat lalat buah terperangkap dan tidak merusak buah kristal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com