Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Sawi Putih Organik

Kompas.com - 30/07/2023, 18:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sawi putih adalah jenis sayuran yang bisa dibudidayakan dengan mudah. Permintaan sayur organik yang tinggi turut mempengaruhi cara budidaya sawi putih.

Sayuran ini juga bisa ditanam dengan menerapkan sistem pertanian organik. Sebenarnya, cara menanam sawi putih organik tidak berbeda dengan budidaya sawi putih konvensional.

Hanya saja, budidaya sawi putih organik tidak menggunakan bahan kimia dalam bentuk pupuk maupun pestisida. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (30/7/2023), berikut cara menanam sawi yang benar.

Baca juga: Cara Budidaya Sawi Putih, Bisa Panen dalam 25 Hari

Penanaman

Bibit sawi putih bisa ditanam pada lahan yang mengandung bahan organik dan pH antara 6 sampai 6,8. Lahan tersebut sebaiknya diolah terlebih dahulu, kemudian tambahkan pupuk organik untuk meningkatkan unsur hara dalam lahan tersebut.Berikutnya, tanam bibit yang sudah memiliki 2 lembar pada lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30. Bibit ditanam dengan jarak 50 x 60 cm.

Ilustrasi sawi putih. WIKIMEDIA COMMONS/SOUS CHEF Ilustrasi sawi putih.

Perawatan tanaman

Agar tanaman sawi putih tumbuh dengan baik, perawatan harus dilakukan dengan maksimal. Beberapa kegiatan pemeliharaan tanaman sawi putih, antara lain;

  1. Pengairan: di awal pertumbuhan, lakukan penyiraman 1 hingga 2 kali sehari terutama saat musim kemarau.
  2. Pemupukan susulan: kegiatan pemupukan dilakukan 2 kali pada saat tanaman berumur 2 dan 4 minggu. Pupuk diberikan pada larikan atau melingkari tajuk tanaman, kemudian timbun pupuk dengan tanah.
  3. Penjarangan dan penyulaman: kegiatan penjarangan dilakukan sekali saat penyemaian yakni ketika bibit berumur 10 hingga 15 hari. Sementara itu, penyulaman dilakukan untuk mengganti tanaman yang mati.
  4. Penyiangan: kegiatan ini dilakukan 1 hingga 2 kali sebelum pemupukan pada saat tanaman berumur 2 dan 4 minggu.
  5. Pengendalian hama dan penyakit: dilakukan dengan menyemprotkan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Sawi Putih agar Panennya Melimpah

Panen

Sawi putih umumnya bisa dipanen saat berumur 25 hingga 65 hari. Cara panennya yaitu dengan memotong bagian batang di atas tanah menggunakan pisau tajam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com