Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 5 Cara Menanam Terong Ungu

Kompas.com - 04/09/2022, 20:32 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terong atau terung merupakan salah satu buah yang banyak dijumpai di Indonesia. Cara menanam terong yang benar bisa menghasilkan buah yang berkualitas dan rasanya enak.

Tanaman ini bisa dibudidayakan di dataran rendah hingga tinggi. Syaratnya, tanah yang digunakan subur, tidak tergenang, memiliki pH normal, dan drainasenya baik.

Menurut penjelasan dalam buku Agribisnis Budidaya Tanaman Terong Ungu, berikut langkah-langkah menanam terong yang baik dan benar.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Terong dari Biji

Ilustrasi tanaman terung, terong.SHUTTERSTOCK/PHILIPPE MONTIGNY Ilustrasi tanaman terung, terong.

1. Pembibitan

Tahap awal yang perlu dilakukan sebelum menanam terong adalah menyiapkan bibit. Pembibitan bisa dilakukan sendiri dengan cara menebarkan benih terong di atas bedengan semai.

Setelah itu, beri naungan pada persemaian tersebut dan tunggu sampai bibit terong tumbuh. Selain melakukan pembibitan sendiri, Anda juga bisa membelinya pada penjual bibit di pasar atau toko pertanian terdekat.

2. Olah lahan

Lahan yang digunakan untuk menanam terong harus gembur dan bebas gulma. Maka itu, pengolahan lahan diperlukan sebelum menanam terong. 

Selain menggemburkan tanah, dalam pengolahan lahan juga harus dibuat bedengan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat tumbuh terong.

Baca juga: 5 Tips Menanam Terong Hingga Berbuah

3. Penanaman

Cara menanam terong ungu yang benar menjadi modal penting yang akan menentukan keberhasilan budi daya tanaman. Pola tanam terong bisa menggunakan sistem baris tunggal atau ganda.

Cara menanam terong adalah meletakkan bibit pada lubang tanam. Setelah itu, tutup lubang tanam sembari dipadatkan agar bibit tumbuh kokoh. Terakhir, siram dengan air secukupnya pada pagi dan sore. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com