Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menanam Jagung agar Buahnya Besar

Kompas.com - 06/09/2022, 18:16 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagung yang tongkolnya besar dan rasanya enak memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Cara menanam jagung agar buahnya besar harus memperhatikan kebutuhan tanaman tersebut.

Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan jagung yang buahnya besar. Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (6/9/2022), berikut tips menanam jagung agar buahnya besar.

Baca juga: Varietas Jagung Manis Unggul, Rasanya Manis dan Warnanya Cerah

Bibit unggul

Menggunakan bibit unggul bisa menghasilkan tanaman yang sehat dan buahnya besar. Bibit unggul berasal dari benih bersertifikat yang sudah dilepas Menteri Pertanian Indonesia.

Ilustrasi benih jagungDok. Pexels/ Pixabay Ilustrasi benih jagung

Selain itu, benih berkualitaas juga ditandai dengan ciri-ciri seperti; bentuknya seragam, tingkat perkecambahan tinggi, dan terbebas dari hama serta penyakit tular benih.

Pupuk yang tepat

Pemberian pupuk yang tepat juga akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil panen jagung. Jenis pupuk yang bisa digunakan yaitu pupuk kotoran hewan (kohe).

Baca juga: Teknik Pemupukan Tanaman Jagung Manis yang Baik dan Benar

Aplikasi kohe bisa dilakukan seminggu sebelum penanaman. Dengan demikian, ketersediaan nutrisi di tanah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tanaman jagung.

Setelah tanaman tumbuh, pupuk bisa diberikan lagi sesuai kebutuhan tanaman. Jenis pupuk susulan yang biasanya digunakan yaitu pupuk majemuk NPK maupun pupuk Urea.

Pemeliharaan tanaman

Tips menanam jagung agar buahnya besar selanjutnya yaitu melakukan pemeliharaan dengan tepat. Selain pemupukan, jenis perawatan tanaman jagung lainnya yaitu penyiangan.

Penyiangan adalah kegiatan membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Penyiangan bisa dilakukan 2-3 minggu setelah pemupukan atau dua minggu sebelum pemupukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com