Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Budidaya Tanaman Sayur di Dataran Rendah

Kompas.com - 26/11/2022, 10:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Sayuran merupakan komoditas yang mudah ditanam, tak terkecuali di dataran rendah. Budidaya tanaman sayur di dataran rendah sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara menanam sayur di dataran tinggi.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (26/11/2022), berikut tahapan menanam sayur di dataran rendah yang perlu diketahui.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Sayur Organik agar Hasil Panennya Berkualitas

Persiapan lahan

Lahan yang digunakan harus gembur dan bersih dari gulma. Maka dari itu, lakukan pengolahan terlebih dahulu.

Ilustrasi menanam sayuran, Ilustrasi menanam selada. Shutterstock/SUPERMAO Ilustrasi menanam sayuran, Ilustrasi menanam selada.

Apabila lahan yang digunakan memiliki pH rendah, maka berikan kapur pertanian untuk meningkatkan pH. Buat juga saluran drainase agar sistem perairan di area budidaya tersebut tidak terhambat.

Setelah itu, berikan juga pupuk organik sebagai pupuk dasar. Pemberian pupuk dasar bisa diberikan ke dalam lubang tanam sebanyak 1 kg/lubang tanam.

Baca juga: Simak, Tahapan Budidaya Tanaman Sayur di Rumah

Menyemai benih dengan tepat

Benih yang disemai harus berasal dari varietas unggul yang bebas hama maupun penyakit. Benih tersebut bisa disemai pada media semai yang sudah disterilkan. Persemaian bisa dilakukan ditempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung.

Setelah benih tumbuh menjadi bibit, buka atap persemaian supaya bibit terkena sinar matahari penuh. Selain itu, Anda juga bisa menyemprotkan larutan kalium klorida 0,2% agar bibit kuat dan siap dipindahkan ke lahan budidaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com