Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Mencegah dan Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Cabai

Kompas.com - 14/12/2022, 13:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kendala dalam budidaya tanaman cabai yaitu serangan hama yang bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman. Hama tanaman cabai dapat menyerang seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, batang, daun, hingga buahnya.

Dikutip dari buku Panen Cabai Sepanjang Tahun, Rabu (14/12/2022), salah satu hama yang sering menyerang daun cabai yaitu kutu daun aphids atau Myzus persicae. Hama ini seringkali dijumpai pada daun bagian bawah dan pucuk tanaman cabai.

Hama ini menyerang tanaman dengan cara mengisap cairan pada daun. Akibatnya, daun yang terserang akan mengeras dan menggulung ke dalam.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Tanaman Cabai, Ulat Grayak hingga Kutu Daun

Tak hanya itu, hama ini juga dapat menyebabkan embun jelaga yang menyebar dari daun, batang, hingga buah. Di musim kemarau hama ini berkembang sangat pesat.

Pencegahan serangan hama kutu daun pada cabai

Ilustrasi kutu daun pada cabaiShutterstock/kryscina Ilustrasi kutu daun pada cabai

Kehadiran hama kutu daun bisa menyebabkan tanaman cabai rusak hingga mati. Pasalnya, hama ini menyerang daun yang merupakan organ penting bagi tanaman.

Saat daun terganggu, maka proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan juga terhambat. Oleh karena itu, perlu upaya pencegahan agar tanaman cabai yang dibudidayakan tidak terserang hama kutu daun.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Kebul Tanaman Cabai Pakai Esktrak Bawang Merah

Setidaknya ada dua cara pencegahan kutu daun yang bisa dilakukan. Pertama, pencegahan dengan menggunakan mulsa plastik hitam perak. Kedua, pencegahan dengan menjaga kebersihan lahan budidaya.

Pengendalian hama kutu daun cabai

Apabila sudah terdapat serangan hama kutu daun, maka Anda perlu melakukan pengendalian sedini mungkin. Upaya pengendalian hama kutu daun pada tanaman cabai yaitu dengan menyemprotkan insektisida dengan cara mengarahkan sprayer ke arah daun yang terserang.

Jenis insektisida yang efektif untuk mengendalikan hama ini, antara lain; Curacron 500 EC dan Decis 2,5 EC. Dosis aplikasi harus sesuai dengan anjuran yang tertera di label kemasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com