Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merawat Buah Naga Putih yang Penting untuk Dilakukan

Kompas.com - 12/03/2023, 18:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya buah naga putih kini sudah semakin banyak dilakukan. Hal tersebut dikarenakan peminat buah ini cukup tinggi, sehingga nilai jualnya juga cukup menjanjikan.

Akan tetapi, untuk mendapatkan buah naga putih yang berkualitas tinggi, perawatan selama budidaya harus dilakukan dengan benar. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (12/3/2023), berikut cara merawat buah naga putih yang perlu diketahui.

1. Pengairan

Pada tahap awal pertumbuhan, buah naga memerlukan air yang cukup banyak. Pemberian air dilakukan sebanyak 1 hingga 2 kali sehari.

Baca juga: Simak, Tips Sukses Merawat Pohon Buah Naga

Cara pemberian air dapat dilakukan dengan cara penyiraman, penggenangan, maupun irigasi tetes. Air yang diberikan juga tidak boleh terlalu banyak, karena dapat menyebabkan akar dan batang menjadi busuk.

Ilustrasi buah naga, pohon buah naga, tanaman buah naga.SHUTTERSTOCK/BIGC STUDIO Ilustrasi buah naga, pohon buah naga, tanaman buah naga.

2. Pembersihan rumput liar

Rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman buah naga putih, harus dibersihkan secara rutin. Tujuan dari pembersihan rumput liar ini supaya nutrisi dan air yang terkandung dalam tanah, tidak diserap oleh rumput liar.

Pembersihan dapat dilakukan secara manual menggunakan cangkul dan sabit, maupun menggunakan herbisida selektif agar tidak mengganggu tanaman utama.

3. Pemupukan bertahap

Cara merawat buah naga putih selanjutnya yaitu pemupukan secara bertahap. Pemupukan pertama diberikan saat pengolahan lahan awal, menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

Baca juga: Panduan Menanam Buah Naga agar Cepat Berbuah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com