Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Rumput Raja dan Perawatannya

Kompas.com - 17/07/2023, 15:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumput raja adalah jenis rumput unggulan yang bisa menjadi pakan ternak. Rumput raja atau king grass merupakan rumput hasil persilangan antara rumput gajah dengan Pennisetum typhoides.

Ciri rumput raja yaitu memiliki umur panjang, tumbuh tegak, bentuk rumpun, perakaran dalam. tingginya mencapai 4 meter. Rumput ini juga memiliki batang yang tebal dan daunnya lebar serta panjang.

Kandungan nutrisinya cukup lengkap, sehingga bisa menjadi pakan untuk penggemukan ternak ruminansia seperti sapi, kambing, domba, dan kerbau. Keunggulan lain dari rumput ini yaitu cepat panen dan tahan kering.

Baca juga: Cara Menanam Rumput Pakchong untuk Pakan Ternak

Cara menanam rumput raja

Ilustrasi tanaman rumput odotPixabay/Hans Ilustrasi tanaman rumput odot

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (17/7/2023), penanaman rumput raja bisa dilakukan dengan cara stek atau sobekan. Batang tanaman rumput raja yang distek sebaiknya berumur tua sekitar 8 bulan, panjang stek 25 sampai 30 cm, dan memiliki dua mata tunas.

Penanaman menggunakan stek harus memperhatikan letak tunas, pastikan tunas tidak terbaik. Cara menanam rumput raja dari stek yaitu cukup dengan menancapkan setengah stek secara tegak lurus atau miring dengan jarak tanam 1 x 1 m.

Jika penanaman menggunakan sobekan, maka pilih rumput muda yang tingginya 20 hingga 25 cm. Kemudian tanam bibit rumput dalam lubang tanam sedalam 20 cm.

Perawatan

Pertumbuhan rumput raja akan semakin maksimal apabila diberi pupuk secara rutin. Kebutuhan pupuk untuk tanaman ini cukup tinggi dibandingkan dengan jenis pupuk lain.

Baca juga: Cara Budidaya Rumput Setaria, Pakan Tenak yang Bernutrisi

Pemupukan pertama dilakukan saat pengolahan lahan. Selain itu, berikan pupuk Urea pada saat tanaman berumur 2 hingga 3 minggu sebanyak 100 kg/ha.

Interval pemupukan urea dilakukan setiap rumput selesai dipotong. Pemupukan ulang dengan pupuk kandang, KCl, dan TSP diberikan setiap tiga kali setelah panen. Selain pemupukan, lakukan juga penggemburan, pembumbunan tanah, dan penyiraman secara rutin.

Panen

Tanaman rumput raja dipanen saat berumur 90 hari. Pemanenan berikutnya dilakukan setelah 50 hari saat musim hujan dan 60 hari saat musim kemarau.

Cara panen rumput raja yaitu dengan memotong rumput 15 hingga 20 cm dari permukaan tanah. Setelah berumur 3 sampai 4 tahun, lakukan peremajaan tanaman agar pertumbuhannya maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com