Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Gejala Serangan Hama Penggerek Daun

Kompas.com - 19/10/2022, 18:56 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggerek daun atau penggorok daun merupakan salah satu hama tanaman kedelai yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Seperti namanya, larva hama ini merusak bagian daun tanaman.

Gejala serangan hama ini sebenarnya mudah dikenali. Dikutip dari Jurnal Litbang Pertanian 29(1), Rabu (19/10/2022), berikut penjelasan lengkapnya.

Gejala serangan hama penggerek daun

Gejala lalat penggorok daun bisa terlihat dari adanya liang korokan berwarna putih benih pada mesofil daun. Jika korokan tersebut dibuka, maka akan terlihat larva hidup yang memakan daun tersebut.

Baca juga: 6 Hama dan Penyakit Tanaman Kedelai yang Patut Diwaspadai

Jika dibiarkan begitu saja, liang korokan tersebut akan berubah warna menjadi kecoklatan, daun layu, dan gugur. sementara itu, imago lalat penggerek daun juga bisa menusuk opivositornya pada daun yang masih muda.

Gambar Tanaman kedelaiPixabay/jcesar2015 Gambar Tanaman kedelai

Jumlah dan umur daun sangat mempengaruhi intensitas serangan hama ini. Gejala serangan hama ini dapat menyebar hingga ke tajuk tanaman.

Kerusakan akibat hama penggerek daun

Secara umum, kerusakan akibat hama penggerek daun dibedakan menjadi dua yaitu kerusakan langsung dan tidak langsung. Kerusakan langsung disebabkan oleh aktivitas makan larva.

Baca juga: 4 Pemeliharaan Tanaman Kedelai agar Bebas Hama dan Panennya Melimpah

Aktivitas tersebut bisa menyebabkan fotosintesis tanaman terganggu. Kerusakan tersebut biasanya terjadi pada jaringan palisade daun ketika tanaman membuat korokan.

Serangan berat bisa menyebabkan daun gugur. Akibatnya, produksi tanaman menjadi terganggu karena hasil fotosintesisnya tidak maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com