Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Gejala dan Cara Mengendalikan Karat Daun Kedelai

Kompas.com - 12/10/2022, 19:30 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan produksi panen tanaman kedelai dipengaruhi oleh banyak Faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan produksi kedelai turun yaitu serangan patogen penyebab penyakit tanaman kedelai.

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang tanaman ini, salah satu yang paling merugikan yaitu karat daun. Oleh sebab itu, pemahaman tentang cara pengendalian karat daun kedelai perlu diketahui setiap petani.

Baca juga: 6 Hama dan Penyakit Tanaman Kedelai yang Patut Diwaspadai

Gejala karat daun kedelai

Serangan penyakit karat daun apabila dibiarkan, bukan saja dapat menyebabkan penurunan hasil, bahkan pada tingkat yang parah dapat menyebabkan kegagalan panen. Penyakit karat daun pada tanaman kedelai disebabkan oleh cendawan Phakopsora pachyrhizi.

Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit karat daun. SHUTTERSTOCK/JGADE Ilustrasi tanaman yang terkena penyakit karat daun.

Cendawan Phakopsora pachyrhizi menyebar dengan bantuan angin dan aktivitas manusia. Tanaman kedelai yang terserang penyakit ini akan menunjukan gejala seperti muncul bintik-bintik kuning pada daun yang lama kelamaan akan menjadi coklat dan menyebar keseluruh daun kedelai.

Daun yang sudah tertutup oleh bintik-bintik penyakit karat daun akan terganggu proses fotosintesisnya. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman kedelai terganggu, karena tidak dapat memproduksi makanan.

Baca juga: 4 Pemeliharaan Tanaman Kedelai agar Bebas Hama dan Panennya Melimpah

Cara mengendalikan karat daun kedelai

Mengingat berbahayanya penyakit karat daun pada kedelai, maka pengendalian penyakit ini harus dilakukan sedini mungkin. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (12/10/2022), berikut cara mengendalikan karat daun kedelai yang efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com