Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Budidaya Nangka agar Berbuah Lebat

Kompas.com - 12/11/2022, 10:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nangka merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan aroma yang harum.

Tanaman banyak ditanam di pekarangan rumah maupun lahan budidaya. Cara menanam nangka sebenarnya mudah, hanya saja untuk mendapatkan pohon nangka yang berbuah lebat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (12/11/2022), berikut beberapa tips yang bisa diikuti agar pohon nangka berbuah lebat.

Baca juga: Cara Menanam Nangka agar Cepat Berbuah Lebat

Perhatikan syarat tumbuh

Ilustrasi nangka, pohon nangka. SHUTTERSTOCK/PORING STUDIO Ilustrasi nangka, pohon nangka.

Kesesuaian lingkungan dengan syarat tumbuh tanaman merupakan hal pertama yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya tanaman. Untuk tanaman nangka, syarat tumbuh yang perlu diperhatikan berkaitan dengan ketinggian lahan, kondisi cuaca, hingga jenis tanah.

Tanaman nangka akan tumbuh baik pada ketinggian 0 sampai 800 meter di atas permukaan laut. Sementara itu, curah hujan yang sesuai untuk tanaman nangka yaitu sekitar 1500 sampai 2500 mm/tahun dengan suhu 16 sampai 35.5 derajat Celcius dengan kelembapan yang tinggi.

Sedangkan jenis tanah yang sesuai untuk pertumbuhan nangka yaitu tanah aluvial, liat berlempung, atau lat berpasir. Tanah tersebut harus memiliki pH sekitar 6 sampai 7.

Baca juga: Cara Budidaya Pohon Nangka Mini, Bisa Berbuah Terus-menerus

Gunakan bibit berkualitas

Bibit tanaman nangka bisa diperoleh dari biji maupuk okulasi. Apabila ingin menanam nangka dari biji, maka pastikan biji tersebut sudah tua dan matang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com