Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Tanaman Nanas yang Benar supaya Panennya Melimpah

Kompas.com - 16/11/2022, 13:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nanas merupakan buah tropis yang sangat cocok dibudidayakan di Indonesia. Buah nanas enak dimakan secara langsung maupun dibuat menjadi olahan seperti selai ataupun keripik nanas.

Selain rasanya yang enak, buah nanas juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. Tak hanya, buah nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain yang berguna untuk melunakkan daging.

Manfaat dan kegunaan yang beragam, membuat nilai ekonomis dari buah nanas sangat bagus. Oleh sebab itu, budidaya tanaman nanas merupakan salah satu usaha di pertanian yang menguntungkan.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Nanas di Pekarangan Rumah

Tak hanya menguntungkan, menanam dan merawat tanaman nanas juga tidak sulit. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (16/11/2022), berikut penjelasan seputar cara budidaya tanaman nanas yang benar.

Ilustrasi nanas, buah nanas. PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL Ilustrasi nanas, buah nanas.

Pembibitan

Keberhasilan budidaya nanas sangat dipengaruhi oleh bibit yang gunakan. Oleh sebab itu, bibit yang digunakan harus unggul dan terhindar dari hama dan penyakit.

Pembibitan nanas secara umum dilakukan dengan cara vegetatif yakni dengan menggunakan mahkota buah dan stek batang. Cara vegetatif dipilih karena proses pembibitan yang cepat dan memiliki karakteristik unggul sama seperti induknya.

Baca juga: Manfaat dan Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Nanas

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam nanas, harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah persiapan lahan yang harus dilakukan:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com