Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Buah Tin di Pot, Bisa Panen Sepanjang Tahun

Kompas.com - 11/12/2022, 15:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tin merupakan salah satu buah subtropika yang bisa tumbuh di Indonesia. Budidaya buah tin di wilayah tropis, seperti Indonesia ternyata memiliki keuntungan tersendiri yakni tanaman dapat berbuah sepanjang tahun.

Tak hanya itu, budidaya buah di tin juga cukup mudah. Anda bahkan bisa menanam buah ini di dalam pot atau polybag besar.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (11/12/2022), berikut tata cara menanam buah tin dalam pot dengan mudah.

Baca juga: Simak, Tips Sukses Merawat Pohon Buah Naga

Menyiapkan bibit buah tin

Buah tin memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Buah tin memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Bibit buah tin bisa diperoleh dari cangkok atau stek. Cara pembibitan buah tin yang cukup mudah yaitu dengan stek batang.

Anda hanya perlu memotong batang buah tin yang sudah tua. Kemudian menanam pada polybag yang sudah berisi tanah, pasir, dan kompos. Lakukan penyiraman secara rutin. Saat bibit sudah tumbuh akar, maka bibit sudah bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Pindah tanam

Tahapan budidaya buah tin berikutnya yaitu memindahkan bibit ke pot yang ukurannya cukup besar. Pot tersebut diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan kompos atau media tanam dari campuran cocopeat, kompos, dan sekam.

Baca juga: Simak. Cara agar Tanaman Kelengkeng Cepat Berbuah

Setelah pot terisi dengan media tanam, buat lubang tanam di tengah pot dan letakkan bibit buah tin secara hati-hati. Tutup kembali lubang tanam tersebut sembari dipadatkan agar bibit tidak rebah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com