Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Pengusir Nyamuk, Bisa Ditanam di Rumah

Kompas.com - 24/12/2022, 15:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman di rumah tak hanya berguna sebagai dekorasi, tetapi bisa berguna untuk mengusir nyamuk. Terdapat beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah.

Dilansir dari situs Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Baturaja, Sabtu (24/12/2022), berikut sejumlah tanaman yang aromanya bisa mengusir nyamuk.

Baca juga: 9 Sayuran Hijau yang Cocok Ditanam di Pot, Bayam hingga Seledri

1. Zodia

Zodia diketahui sebagai salah satu tanaman yang berasal dari Papua. Zodia mengandung evodiamine dan rutaecarpine. Selain itu, tanaman ini juga mengandung senyawa linalool sebanyak 46 persen. Senyawa inilah yang berperan untuk mengusir nyamuk.

Ilustrasi tanaman Rosemary. PIXABAY/SAMSEVENTS Ilustrasi tanaman Rosemary.

2. Rosemary

Tanaman lainnya yang berfungsi untuk mengusir nyamuk di rumah yaitu rosemary. Tanaman ini memiliki aroma khas yang bisa mengusir nyamuk.

Selain itu, rosemary juga sering digunakan sebagai bumbu masakan karena rasa dan aromanya bisa membuat cita rasa makanan lebih enak. Tanaman ini juga memiliki penampilan yang unik sehingga sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Baca juga: Cara Menanam Rosemary, Bisa Dipanen Berulang Kali

3. Serai

Tanaman pengusir nyamuk lainnya yaitu serai. Sejauh ini kita mengenal serai sebagai tanaman yang digunakan untuk membuat obat herbal dan tambahan bumbu masakan.

Padahal, serai juga bisa dimanfaatkan untuk menghalau nyamuk karena mengandung senyawa citronellol dan geraniol. Kandungan tersebut membuat serai mengeluarkan aroma yang dapat mengusir nyamuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com