Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Mulsa saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Penyakit Tanaman

Kompas.com - 03/01/2023, 17:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulsa adalah bahan yang dipasang di atas bedengan. Biasanya mulsa dipasang setelah tanah diolah.

Secara umum, mulsa terbagi menjadi dua jenis yakni mulsa plastik dan organik. Keduanya memiliki peranan penting bagi tanaman, terutama saat musim hujan tiba.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (3/1/2023), berikut ini sejumlah manfaat mulsa saat musim hujan.

Baca juga: Apa Manfaat Mulsa Plastik untuk Tanaman?

Membuat tanah tetap lembap

Ilustrasi pemasangan mulsa plastik untuk tanaman cabai. SHUTTERSTOCK/SUSILO PRAMBANAN Ilustrasi pemasangan mulsa plastik untuk tanaman cabai.

Ketika musim hujan tiba, tanah akan basah karena guyuran air hujan. Bahkan, saat drainase kurang baik, bedengan bisa tergenang.

Pemasangan mulsa saat musim hujan akan kondisi tanah terjaga, tidak terlalu basah dan lembap. Kondisi tersebut akan membuat tanaman tetap tumbuh dengan baik meskipun intensitas hujan sedang tinggi.

Mencegah serangan patogen penyebab penyakit tanaman

Manfaat mulsa plastik selanjutnya yaitu tanaman terhindar dari serangan patogen penyebab penyakit tanaman. Patogen penyebab penyakit tanaman akan mudah berkembang saat tanah terlalu lembap dan basah.

Baca juga: Manfaat Mulsa Plastik untuk Tanaman Cabai dan Cara Memasangnya

Dengan menggunakan mulsa, maka kelembapan tanah tetap terjaga dan tingkat serangan patogen saat musim hujan dapat dicegah.

Mencegah erosi

Pemasangan mulsa pada lahan budidaya diketahui bisa mencegah erosi saat musim hujan. Maka dari itu, pemasangan mulsa di lahan miring sangat dianjurkan.

Mencegah pencucian unsur hara

Ketika hujan turun, maka unsur hara yang diberikan saat pemupukan akan tercuci. Hal tersebut membuat tanaman tidak mendapatkan nutrisi yang mencukupi untuk pertumbuhan dan produktivitas tanaman tersebut.

Baca juga: 3 Manfaat Mulsa Jerami Bagi Tanaman, Bisa Meningkatkan Kesuburan

Kondisi pencucian tersebut bisa dicegah dengan pemasangan mulsa. Air hujan akan tertahan oleh mulsa plastik, sehingga unsur hara tidak tercuci oleh air hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com