Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Pupuk untuk Timun agar Berbuah Lebat

Kompas.com - 07/01/2023, 12:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya timun cukup menguntungkan karena sayuran ini selalu dicari konsumen. Akan tetapi, untuk mendapatkan timun yang berkualitas baik dan bernilai jual tinggi, teknik budidaya yang diterapkan harus benar.

Salah satu bagian penting dalam budidaya timun yaitu pemberian pupuk. Kegiatan perawatan tanaman ini akan membuat tanaman tumbuh dengan baik dan produktivitasnya maksimal.

Hal tersebut juga berlaku pada tanaman timun. Pemberian pupuk yang sesuai akan membuat tanaman timun berbuah lebat.

Baca juga: Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (7/1/2023), berikut ini jenis pupuk untuk melebatkan buah timun.

Ilustrasi tanaman mentimun, menanam mentimun. WIKIMEDIA COMMONS/MIKHEIL Ilustrasi tanaman mentimun, menanam mentimun.

Pemupukan dasar

Pemupukan dasar diberikan bersama dengan pengolahan lahan. Jenis pupuk yang diberikan yaitu pupuk kandang, TSP, ZA, dan KCl.

Dosis pupuk kandang yang diberikan sekitar 10 hingga 15 sah per 400 meter persegi. Sedangkan pupuk TSP, ZA, dan KCl diberikan dengan komposisi 2:1:1.

Pemupukan susulan

Selain pemupukan dasar, tanaman timun juga memerlukan pupuk susulan. Tujuannya agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan buah yang dihasilkan lebat.

Baca juga: Cara Menanam Timun Jepang agar Panennya Melimpah

Pemberian pupuk untuk timun ini dilakukan secara bertahap. Pemupukan susulan pertama diberikan ketika tanaman berumur 12 hari setelah tanam.

Jenis pupuk yang diberikan yaitu Urea, ZA, KCl, SP-36, KNO3, dan DAP. Dosisi untuk masing-masing pupuk tersebut yaitu 100,100,100, 25, dan 100 gram yang dicampurkan dalam 10 liter air.

Aplikasi pupuk ini bisa dilakukan dengan cara menyiramkan ke lubang tanam. Pemupukan susulan berikutnya dilakukan saat tanaman berumur 15, 18, 22, dan 25 hari setelah tanam dengan jenis dan dosisi pupuk yang sama.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Timun Suri agar Berbuah Banyak

Saat tanaman memasuki umur 26 hari setelah tanam, berikan pupuk Urea, SP-36, NPK, dan KCl dengan dosis 1, ½, 1, dan ½. Cara aplikasinya dengan menaburkan ke lubang tanam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com