Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Ini Cara Menanam Oyong agar Berbuah Lebat

Kompas.com - 25/10/2022, 18:40 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gambas atau oyong atau potulo merupakan sayuran buah yang masuk dalam suku labu-labuan. Sayuran oyong memiliki buah berwarna hijau dan kulit agak kasar.

Tanaman oyong tumbuh merambat dan memiliki tingkat adaptasi tinggi. Walau demikian, oyong akan tumbuh optimal jika mendapatkan sinar matahari penuh dan dibudidayakan pada daerah bersuhu 18-24 derajat Celsius.

Ditambah, cara menanam oyong sebenarnya tidak sulit. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (25/10/2022), berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Timun agar Berbuah Lebat

Persiapan lahan

Tanaman oyongShutterstock/pakn Tanaman oyong

Lahan yang akan digunakan untuk menanam oyong sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu, lalu digemburkan dan dibuat bedengan dengan lebar 80-100 sentimeter.

Apabila budi daya oyong dilakukan pada lahan datar atau sawah, bedengan dibuat tinggi agar saat hujan turun, bedengan tidak terendam.

Pasalnya, tanaman oyong tidak menyukai tanah basah dan tergenang. Selain ketinggian bedengan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak antarbedengan.

Dalam budi daya tanaman oyong, sebaiknya bedengan dibuat dengan jarak dua sampai 2,5 cm. Setelah bedengan selesai dibuat, aplikasikan pupuk dasar dan biarkan tanah tersiram air hujan sebelum ditutup dengan mulsa.

Jika tanah terlalu asam, aplikasikan kapur dolomit untuk menetralkan pH tanah.

Baca juga: Cara Menanam Pare di dalam Pot yang Mudah dan Praktis

Memilih benih berkualitas

Benih oyong bisa didapat di toko pertanian terdekat. Pilihlah benih berkualitas dari varietas unggul. Benih yang akan ditanam sebaiknya dikecambahkan terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com