Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam Berdekatan dengan Tanaman Tomat

Kompas.com - 02/05/2023, 09:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Praktik berkebun yang sangat umum adalah menanam tanaman bersebelahan atau saling berdekatan, di mana satu tanaman dapat menguntungkan tanaman lain dengan cara tertentu. Ini dikenal sebagai tanaman pendamping.

Manfaat ini dapat mencakup satu tanaman yang mencegah hama umum dari tanaman tetangga, kedua tanaman memiliki tingkat pH atau kondisi tanah yang sama, atau satu tanaman menyediakan naungan yang diperlukan untuk tanaman lainnya.

Dalam kasus seperti itu, tanaman ini tumbuh paling baik saat berdampingan.

Baca juga: Cara Pakai Trichoderma Sp untuk Atasi Layu Fusarium Tanaman Tomat

Ilustrasi tanaman tomat.Shutterstock/Digihelion Ilustrasi tanaman tomat.

Akan tetapi, dikutip dari House Digest, Selasa (2/5/2023), kebalikannya juga bisa benar, dan tomat memberikan contoh yang bagus tentang penanaman tanaman pendamping dan penanaman yang tidak cocok.

Jika ditanam bersama, tanaman yang tidak cocok dapat memberikan terlalu banyak naungan atau tidak cukup, akarnya dapat bersaing untuk mendapatkan sumber daya, atau salah satunya dapat menghilangkan nutrisi dari yang lain.

Adapun untuk tanaman tomat, meskipun buahnya biasanya ditanam di samping tanaman kemangi, bunga marigold, seledri, bawang merah, dan bawang putih, berikut tanaman yang tidak boleh ditanam berdekatan dengan tanaman tomat.

1. Stroberi

Tanaman strawberry atau stroberi dan tomat dapat tumbuh pada musim yang sama, tetapi tidak boleh ditanam bersamaan. Setiap tanaman berbuah merah rentan terhadap penyakit jamur berbahaya yang disebut layu verticillium, yang bisa berakibat fatal.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Pupuk yang Tepat untuk Tanaman Tomat

Karena keduanya sangat rentan, jika yang satu menangkapnya, yang lain pasti akan mengikuti, jadi hindari menanam keduanya berdekatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com