Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Media Tanam Anorganik yang Sering Digunakan

Kompas.com - 03/06/2023, 15:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Media tanam menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya tanaman. Maka dari itu, pemilihan media tanam harus dilakukan dengan benar.

Secara umum, jenis media tanam terbagi menjadi dua yakni media tanam organik dan anorganik. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas jenis media tanam anorganik yang biasa digunakan untuk menanam tanaman. Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (3/6/2023), simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Syarat dan Cara Membuat Media Tanam untuk Mengisi Polybag

1. Hidrogel

Hidrogel atau gel adalah kristal polimer yang sering digunakan sebagai media tanam hidroponik. Penggunaan media tanam ini sangat efisien dan praktis karena tidak perlu mengganti secara rutin, menyiram, maupun memupuk.

Ilustrasi hidrogel sebagai media tanam di dalam vas. SHUTTERSTOCK/PROSTO PHOTOS Ilustrasi hidrogel sebagai media tanam di dalam vas.

Media tanam ini juga memiliki banyak warna sehingga lebih menarik dan bisa disesuaikan dengan selera. Hampir seluruh jenis tanaman dalam ruangan biasanya menggunakan media tanam ini.

Akan tetapi, hidrogel kurang cocok untuk tanaman hias yang akarnya keras seperti tanaman bonsai. Media tanam ini biasa digunakan sebagai pengganti tanah untuk mengangkut tanaman jarak jauh.

Tujuannya agar kelembapan tanaman tetap terjaga. Kelebihan hidrogel yaitu membuat tanaman terlihat lebih cantik karena hidrogel memiliki warna yang beragam.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam Organik untuk Sayuran di Polybag

2. Pasir

Selain hidrogel, media tanam anorganik lainnya yaitu pasir. Sejauh ini, pasir banyak digunakan sebagai media semai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com