Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Memperlebat Durian agar Panennya Menguntungkan

Kompas.com - 12/06/2023, 21:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya durian memiliki tantangan tersendiri. Pohon durian membutuhkan perawatan yang cermat dan waktu yang cukup lama untuk berbuah.

Namun ketika hasilnya sesuai, durian dapat memberikan keuntungan yang besar. Maka dari itu, budidaya durian dilakukan dengan maksimal agar dapat berbuah lebat.

Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini cara memperlebat durian agar panennya menguntungkan.

Baca juga: 5 Tips Agar Pohon Durian Berbuah Lebat

1. Lingkungan budidaya harus sesuai dengan syarat tumbuh tanaman durian

Tanaman durian dapat tumbuh dan memiliki buah yang lebat, apabila ditanam pada lokasi yang tepat. Hal ini karena setiap lokasi memiliki jenis tanah, suhu, iklim, dan curah hujan yang berbeda.

Ilustrasi tanaman durian, pohon durian, buah durian di pohon.SHUTTERSTOCK/PHICHIT BHUMADHANA Ilustrasi tanaman durian, pohon durian, buah durian di pohon.

Lokasi yang tepat bagi tanaman durian berada pada ketinggian 0 hingga 800 mdpl. Pada ketinggian tersebut, persyaratan tumbuh yang diperlukan tanaman dapat terpenuhi.

2. Pemilihan bibit yang baik

Bibit menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan tanaman. Pertumbuhan, perkembangan dan hasil buah durian, sangat berkaitan erat dengan penggunaan bibit.

Pilihlah bibit durian yang memiliki kualitas unggul seperti jenis bawor, montong, bokor, dan musang king. Belilah bibit dari penangkar yang sudah tersertifikasi oleh lembaga terkait.

Baca juga: Tips Memilih Bibit Durian Unggul

3. Pemupukan secara berkala

Buah merupakan cadangan makanan yang dihasilkan tanaman. Oleh karena itu, pemberian makanan pada tanaman durian harus selalu dilakukan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com