Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Penyakit Tanaman Strawberry dan Gejalanya

Kompas.com - 18/06/2023, 20:28 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain hama, jenis organisme pengganggu tanaman juga bisa berasal dari jamur, bakteri, bahkan virus. Ketiga organisme tersebut dikenal dengan nama patogen penyakit tanaman.

Patogen tersebut berisiko menyerang tanaman budidaya, tak terkecuali tanaman strawberry. Ada beberapa jenis penyakit tanaman strawberry yang dapat mengganggu pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Melansir dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang, Minggu (18/6/2023), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 7 Hama Tanaman Strawberry yang Merusak Tanaman

1. Bercak merah

Salah satu penyakit yang dapat dijumpai pada tanaman strawberry yaitu bercak merah. Penyakit ini ditandai dengan adanya bercak kecil berbentuk bulan yang memiliki warna merah keunguan pada daun strawberry.

Ilustrasi busuk buah strawberryShutterstock/Kittisak Chysree Ilustrasi busuk buah strawberry

2. Tip burn

Gejala tip burn bisa dilihat pada ujung daun tanaman strawberry yang terlihat terbakar. Daun yang menunjukkan gejala menjadi tidak segar dan pertumbuhannya terhambat.

Gejala ini dapat terlihat di daun baru, lalu menyebar dari pusar tumbuh. Tip burn bisa menjadi indikasi kekurangan kalsium yang mengakibatkan sel daun mudah pecah dan nekrosis.

3. Hawar daun

Gejala penyakit hawar daun dimulai dari tepi daun ke tengah dan daun akan berubah warna menjadi hijau kusam. Pada serangan berat akan muncul gejala daun layu dan mengering.

Baca juga: Ketahui Penyebab Busuk Buah Strawberry dan Gejalanya

Serangan parah akan membuat seluruh tanaman meranggas dan mati. Pada cuaca panas, tanaman menjadi cepat layu dan mati. Gejala ini banyak ditemukan pada bibit yang baru pindah tanam.

4. Leaf blight

Penyakit ini memiliki gejala adanya bintik ungu yang berkembang menjadi coklat. Kemudian, bintik tersebut akan terus meluas ke area yang berwarna kuning hingga keunguan.

Daun yang sudah menjadi lebih suram dan tumbuh merana, kemudian gugur atau mati. Penyakit tanaman strawberry ini banyak ditemukan pada tanaman yang tidak terawat dan kondisi lembap.

5. Antraknosa

Antraknosa tak hanya ditemukan pada cabai dan tomat saja, namun bisa ditemukan juga pada buah strawberry. Batang yang terserang penyakit ini yaitu terdapat bagian yang busuk berbentuk oval dengan bagian tengah terdapat bintik kehitaman.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Antraknosa agar Tidak Menyebabkan Kerugian

Sementara itu, daunnya menjadi kuning dan tanaman layu. Buah yang terkena antraknosa juga terlihat busuk lunak melingkar yang memusat di tengah terdapat bintik putih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com