Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Kakao Siap Panen dan Cara Pemanenan yang Benar

Kompas.com - 20/06/2023, 12:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakao merupakan tanaman yang buahnya dapat diolah menjadi coklat. Tanaman ini biasanya mulai berproduksi pada umur 1,5 hingga 3 tahun setelah tanam.

Di tahun pertama, biasanya produksi buah kakao belum maksimal. Namun, seiring bertambahnya umur, produktivitas akan terus meningkat.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (20/6/2023), buah kakao dihasilkan lewat proses penyerbukan bunga jantan dan betina yang menempel pada batang tanaman. bunga akan tumbuh pada batang tanaman ini dan menghasilkan buah yang besar serta berkualitas.

Baca juga: Cara Mengolah Biji Kakao Menjadi Coklat yang Rasanya Enak

Ciri-ciri kakao siap panen

Buah kakao umumnya bisa dipanen setelah berumur 4 hingga 5 bulan setelah penyerbukan. Dengan kata lain, buah kakao matang dan siap dipetik memerlukan waktu sekitar 6 bulan atau setengah tahun setelah penyerbukan.

Buah kakaoPixabay/Dekanda Buah kakao

Adapun, ciri-ciri kakao siap panen seperti berikut:

  • Warna kulit buahnya berbuah. Apabila saat mentah berwarna hijau, maka ketika matang akan berwarna kuning. Sementara itu, apabila warnanya merah saat mentah, maka warnanya menjadi jingga saat matang.
  • Tangkai buahnya mengering dan tidak sulit saat dipetik.
  • Mengeluarkan bunyi saat digoyangkan atau diketuk.

Cara panen kakao

Setelah kriteria tersebut terpenuhi, maka buah panen bisa segera dipanen. Panen yang terlambat akan mengakibatkan biji berkecambah di dalam buah dan mengurangi kadar lemak dalam biji buah kakao.

Baca juga: Cara Pembibitan Kakao dari Biji agar Cepat Tumbuh

Panen buah kakao bisa dilakukan sesering mungkin setiap 7 sampai 10 hari sekali agar memutus siklus hidup hama dan mencegah penularan penyakit busuk buah kakao.

Pemetikan buah dapat dilakukan menggunakan alat bantu seperti gunting pangkas, golok, atau sabit. Caranya panennya dengan memotong tangkai sedekat mungkin dengan buahnya.

Tangkai yang tersisa akan menjadi tempat tumbuhnya bunga kakao baru. Hindari penggunaan galah karena bisa merusak tangkai buah dan kulit tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com