Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Pupuk untuk Melon dan Cara Aplikasinya

Kompas.com - 24/06/2023, 13:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan pupuk menjadi salah satu faktor kunci untuk mencapai keberhasilan. Pupuk dapat memberikan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Jenis pupuk sangat beragam dan memiliki kandungan serta manfaat yang berbeda-beda. Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas buah melon, penggunaan pupuk untuk melon perlu diperhatikan dengan baik.

Pupuk untuk melon berasal campuran nutrisi yang diracik khusus untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan melon. Pupuk harus mengandung berbagai unsur hara penting seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Baca juga: Begini Cara Menanam Melon Madu di Sawah dengan Mudah

Kandungan nutrisi yang seimbang membantu meningkatkan kandungan gula, vitamin, dan antioksidan dalam buah melon. Hal ini membuat buah melon yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih manis, tekstur yang lebih renyah, dan warna yang lebih menarik.

Ilustrasi pohon melon, menanam melon, cara menanam melon.SHUTTERSTOCK/BACKGROUND ALL Ilustrasi pohon melon, menanam melon, cara menanam melon.

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian serta situs Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, berikut ini penjelasan seputar jenis pupuk hingga cara pemupukan yang tepat untuk tanaman melon.

Fase pemupukan dan jenis pupuk untuk melon

Pemupukan tanaman melon dilakukan secara berkala, sesuai kebutuhan tanaman. Fase pemupukan akan mempengaruhi jenis pupuk yang diberikan. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pupuk kandang

Sebelum melakukan penanaman, langkah awal yang biasa dilakukan yaitu mempersiapkan media tanam. Media tanam yang baik berasal dari campuran tanah dan pupuk organik.

Baca juga: Begini Cara Menanam Melon Madu di Sawah dengan Mudah

Pupuk organik berasal dari kotoran hewan, sisa bahan makanan, maupun mikroorganisme. Pupuk kandang merupakan pupuk organik yang sering digunakan sebagai pupuk dasar.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com