Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Masa Panen Melon? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 20/02/2023, 11:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan melon menjadi salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya enak dan aromanya wangi. Tingkat kematangan sangat mempengaruhi rasa dan aroma buah tersebut.

Maka dari itu, pemanenan harus dilakukan tepat waktu. Panen yang terlalu cepat, membuat rasa dan aroma buah ini kurang enak. Sedangkan pemanenan yang terlambat membuat buah cepat busuk.

Lantas, kapankah masa panen melon yang tepat? Dan bagaimana cara panen buah melon? Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (20/2/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Panen dan Pasca Panen Melon agar Kualitasnya Tetap Terjaga

Masa panen buah melon

Waktu panen buah melon berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Umumnya, melon daging putih akan dipanen saat berumur 35 hari setelah pembungaan.

Sedangkan pada buah melon daging merah bisa dipanen 40 hari setelah pembungaan. Melon yang sudah matang memiliki ciri jaring atau net terbentuk sempurna di kulitnya.

Tanaman melon goldenShutterstock/R.NITHAT Tanaman melon golden

Jaring tersebut juga mulai tebal dan merata. Selain itu, terdapat juga retakan di bagian pangkal buah. Warna kulit buah melon yang siap panen juga sudah berubah dari hijau tua menjadi kekuningan.

Tangkai buahnya juga sudah berwarna kekuningan. Kulit buahnya terasa halus atau tidak berbulu dan aromanya khas.

Selain umur tanaman, waktu petik buah melon juga perlu diperhatikan. Waktu petik buah melon sebaiknya dilakukan pagi hari sekitar pukul 08.00 sampai 11.00.

Baca juga: Cara Menanam Melon Tanpa Ajir

Cara panen buah melon

Pemanenan melon dilaksanakan secara bertahap, maksimal dua kali seminggu dengan jarak pemanenan 2 hingga 3 hari. Pemanenan pertama diprioritaskan untuk buah yang sudah tua, sedangkan sisanya dipanen tahap berikutnya.

Buah melon sebaiknya dipanen bersama tangkainya agar tidak mudah busuk. Pemetikan buah bisa menggunakan pisau atau gunting yang bersih dan steril.

Cara panen buah melon yaitu dengan memetik tangkai buahnya secara hati-hati membentuk huruf T. Buah melon kemudian ditempatkan miring pada keranjang.

Buah bisa ditumpuk secara hati-hati maksimal 7 susun dengan setiap susunan dilapisi kertas. Koran, atau jerami. Setelah itu, tempatkan buah di area yang ternaungi.

Sementara itu, tanaman melon yang sudah dipanen perlu dibongkar lalu dibuang ke area yang jauh dari tempat panen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com