Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Melon di Polybag, Bisa di Halaman Rumah

Kompas.com - 26/06/2023, 18:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melon (Cucumis melo L.) adalah tanaman yang menghasilkan buah dengan warna putih kehijauan sampai merah. Daging melon mempunyai tekstur yang halus dan lunak, biasa dinikmati untuk hidangan penutup, buah meja, atau dijadikan campuran es buah.

Melon adalah tanaman merambat yang menjalar dengan daun bentuk menjari serta batang tidak berkayu ini termasuk ke dalam tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (26/6/2023), jika Anda mempunyai hobi bercocok tanam, maka Anda bisa mencoba menanam melon di polybag. Anda tidak perlu memiliki lahan luas untuk menanam melon di polybag, karena bisa dilakukan di halaman rumah.

Baca juga: Jenis Pupuk untuk Melon dan Cara Aplikasinya

Melon jepang dijual dengan harga tinggi, mencapai jutaan rupiah per buahnya. Ada alasan di balik mahalnya harga buah ini.SHUTTERSTOCK/Kotcha K Melon jepang dijual dengan harga tinggi, mencapai jutaan rupiah per buahnya. Ada alasan di balik mahalnya harga buah ini.

Berikut cara menanam melon di polybag yang bisa dilakukan di pekarangan atau halaman rumah.

1. Syarat tumbuh

Tanaman melon bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 250 hingga 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan curah hujan antara 1.500 hingga 2.500 mm per tahun.

Tanah yang baik untuk menanam melon adalah tanah liat berpasir atau andosol yang mengandung bahan organik dengan kadar tinggi.

2. Persiapan alat dan bahan

Siapkan beberapa buah polybag dengan ukuran masing-masing 40 x 50 cm atau 37 x 40 cm.

Baca juga: Begini Cara Menanam Melon Madu di Sawah dengan Mudah

Siapkan juga lanjaran atau ajir dari bambu yang nanti akan ditancapkan pada media tanam dengan panjang 1,5 sampai 2 meter. Selain itu, siapkan paku ukuran 2 inci, tali rafia, gunting, dan pisau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com