Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Budidaya Melon Tanpa Ajir dengan Mudah

Kompas.com - 28/06/2023, 12:24 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melon termasuk buah yang banyak disukai. Rasa buah ini manis, teksturnya renyah, dan mengandung banyak air.

Nilai jual buah ini juga cukup tinggi, sehingga banyak petani yang tertarik untuk membudidayakannya. Biasanya, budidaya melon menggunakan ajir atau lanjaran agar bisa tumbuh tegak.

Akan tetapi, saat ini terdapat inovasi budidaya melon tanpa ajir. Cara budidaya ini bisa menghemat biaya perawatan, sehingga peluang memperoleh keuntungan lebih besar.

Baca juga: Cara Menanam Melon Tanpa Ajir

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (28/6/2023), berikut ini cara menanam melon tanpa ajir yang bisa dilakukan dengan mudah.

Ilustrasi melon, buah melon. PIXABAY/PUBLICDOMAINIMAGES Ilustrasi melon, buah melon.

Persiapan lahan

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam budidaya melon yaitu mempersiapkan lahan budidaya. Lahan yang akan digunakan perlu diolah terlebih dahulu sampai gembur.

Setelah gembur, aplikasikan tambahkan pupuk dasar dari campuran NPK 15:15:15, ZA, dan pupuk KCl dengan perbandingan 1:1:1. Pupuk dasar dicampurkan dengan tanah, lalu diaduk sampai rata.

Lalu, lakukan penyiraman agar pupuk dapat larut dan tercampur dengan sempurna. Pemberian pupuk dilakukan seminggu sebelum penanaman.

Setelah dipupuk, lahan ditutup dengan mulsa. Kemudian, buat lubang tanam dan beri jarak sekitar 50 hingga 60 cm di tengah bedangan, sementara itu jarak antar lajur sekitar 2 hingga 3 meter.

Baca juga: Cara Menanam Melon di Polybag, Bisa di Halaman Rumah

Menyemai benih

Benih melon yang akan disemai perlu direndam terlebih dahulu dalam air hangat kuku selama 1 jam, lalu tiriskan. Kemudian, benih diperam menggunakan kertas merang dan handuk basah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com